Sukses

Penanganan Tuberkulosis

09 Oct 2016, 18:01 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok,saya ingin bertanya pada tgl 8 agustus kmrn saya abis kurets polip servix saya stlh 2 mnggu stlh kuret saya mndptkan hsil bahwa ad tbc jg,, tapi sudah 2 bln ini saya jg tdk haid dok,, saya cb taspeck hsil negatif,, knp ya dok? apaa gara" tbc itu jd mnghambat siklus haid saya dok? tp alhamdulillah bdn saya sehat saja gemuk pula sampai" perut saya buncit jg kyk orng hamil,, apa yg menyebabkan hambatan saya haid ya dok?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelum kami menjawab pertanyaan Anda, terdapat beberapa pertanyaan yang hendak kami tanyakan. Darimanakah Anda mengetahui bahwa Anda menderita TBC? Apakah maksud Anda TBC pada organ paru atau TBC dari jaringan hasil kuret? Izinkan kami menjelaskan tentang Tuberkulosis secara umum.

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara.

Gejalanya berupa: batuk lebih dari 3 minggu, batuk darah, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun, nafsu makan turun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi, dan mudah lelah. Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita.

Sekalipun sudah dinyatakan sembuh, seseorang tetap dapat terkena TBC lagi. Yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh Anda. Seperti yang sudah dikatakan, TBC ditularkan melalui udara, jadi yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kontak langsung. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan:

  • olahraga teratur 3x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya
  • memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi
  • istirahat cukup, tidur minimal 7-8 jam/hari
  • hindari stres

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar