Sukses

Ketahanan Sperma di Udara Bebas

08 Oct 2016, 23:30 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, sperma berada di udara bebas aktif atau tidak? Trus jika sperma menempel pada tangan lalu setelah itu memegang celana dalam apakah bisa hamil?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Izinkan kami menjelaskan tentang ketahanan sperma setelah dikeluarkan. Di udara, Sperma bertahan hidup rata- rata hanya 3 menit, kecuali jika dikeluarkan dalam lendir vagina wanita dan apalagi bila wanita tersebut dalam masa subur maka masa hidup sperma menjadi lebih panjang hingga mencapai 48 jam.

Saat Ejakulasi, kekuatan semburan sperma bisa mencapai hingga 48km/jam. Namun begitu masuk vagina, sperma membutuhkan waktu hingga  3 hari untuk mencapai sel telur yang jaraknya hanya 15cm. Ketika sudah mencapai saluran tuba dalam rahim wanita, sperma dapat bertahan hingga 5 hari menunggu sel telur untuk dikeluarkan, sehingga masih bisa terjadi kehamilan walaupun berhubungan tidak saat terjadi ovulasi.

Jadi Kesimpulannya, bagi Anda yang sedang melakukan program Keluarga Berencana dan menunda Kehamilan, Anda tidak perlu khawatir jika sperma dikeluarkan diluar rahim walaupun pasangan Anda sedang dalam masa subur, karena sperma akan mati dan tidak menyebabkan kehamilan, kecuali jika sperma tersebut sudah terlebih dahulu mencapai saluran tuba tempat pertemuan sperma dan sel telur wanita.

Baca pula artikel-artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar