Sukses

Berbagai Solusi Anak Sulit Tidur

08 Oct 2016, 23:35 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok bayi saya memiliki riwayat kejang dan dirawat 2mgg lamanya,sekarang usia bayi saya 4bln setengah,yg mau saya tanyakan kenapa bayi saya susah sekali tidur,setiap x mau tidur kepalanya berkeringat banyak,bayi saya baru bisa tertelungkup tapi belum sering ia lakukan,baru 4x ia mencoba tertelungkup dan gampang sekali terkejutnya.

.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bayi dan balita memang membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan orang dewasa. Mereka membutuhkan waktu tidur 9-10 jam pada malam hari dan 1-2 jam pada siang hari.

Pada usia 4-5 bulan, berat badan bayi akan bertambah menjadi dua kali berat lahir. Panjang badannya bertambah 1,25-2,5 cm per bulan, dan lingkar kepalanya bertambah 1,25 cm per bulannya.

Refleks yang terdapat saat ia baru lahir umumnya sudah mulai menghilang. Pada masa ini, bayi sudah bisa menjaga keseimbangan kepala dengan baik, memiringkan badan ke kanan dan ke kiri, dan pada usia 6 bulan umumnya sudah bisa duduk sendiri. Bayi juga sudah mulai dapat melihat warna dan melihat dalam jarak yang lebih jauh.

Bayi sudah dapat mengoceh, tertawa, dan menirukan bunyi. Ia pun mulai mengenal namanya, wajah orang yang familiar, mengerti kata “tidak”, dan mengulurkan tangan untuk digendong.

Untuk menstimulasi perkembangannya, sering-seringlah berbicara dengan bayi Anda, walaupun mungkin ia belum memahami perkataan Anda, dan ajaklah ia bermain.

Kualitas tidur yang kurang akan berpengaruh terhadap perkembangan otak, proses kreativitas, sosialisasi, dan kemampuan fisiknya. Karena itulah tidur yang berkualitas sangat penting untuk proses tumbuh kembang anak. Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini:

Tips Makanan:

  • Anak dapat tidur dengan nyenyak bila dalam keadaan kenyang. Karena itu usahakan 1 atau 2 jam sebelum tidur anak sudah dapat makan malam. Rentang waktu tersebut juga membuat pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

Tips Lingkungan:

  • Gunakan baju tidur yang nyaman. Kalau perlu pakai selimut supaya hangat.
  • Sebaiknya warna dinding kamar tidak terlalu terang. Warna cerah menstimulasi panca indra sehingga anak tidak mudah beristirahat.
  • Redupkan lampu kamar agar tercipta suasana relaks yang membantu anak tidur.
  • Hentikan aktivitas yang menimbulkan suara dan matikan teve.

Tips Ritual:

  • Atur jadwal dan kebiasaan tidur anak sejak usianya 3 bulan.
  • Seka tubuh anak yang berkeringat dengan tisu basah atau waslap sebelum tidur. Gunakan bedak jika perlu.
  • Meski belum mengantuk, ajak anak naik ke tempat tidur di waktu yang telah disepakati.
  • Perdengarkan musik yang tenang agar anak merasa relaks dan cepat tidur.
  • Pijat atau usap tubuh anak di bagian yang membuatnya relaks.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai tidur:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar