Sukses

Solusi Bayi Tidak Mau Makan

09 Oct 2016, 13:08 WIB
Pria, 27 tahun.

Hallo Dokter yg baikk ,,saya mau tanya knapa anak saya susah makan mulut tertutup ,bahkan klo sudah msuk dkluarin lg anak sya usi 8 bulan ,,tolong djwab dok terimakasih ,,

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi.com

Rekomendasi yang dianjurkan oleh WHO sebaiknya adalah ASI eksklusif selama 6 bulan pertama karena nutrisi yang dikandung oleh ASI mencukupi untuk kebutuhan gizi bayi sampai dengan usia 6 bulan. Setelah usia tersebut maka dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan dengan konsistensi dari cair-semi padat-sampai padat secara perlahan-lahan. Pada usia 6- 9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak (tim halus). ASI masih WAJIB diberikan, dianjurkan diteruskan selama 1 tahun kehidupan. Bahkan jika memungkinkan untuk diteruskan hingga 2 tahun, justru hal ini lebih baik bahkan karena kandungan yang terasupi menjadi lebih lengkap. Pada usia 9-12 bulan, konsistensi makanan menjadi makanan semi-padat atau disaring, istilahnya tim saring. Usia ini kombinasi antara bubur susu, buah, tim saring. 

Perilaku bayi seperti yang anak ibu lakukan yaitu mengunci mulutnya ketika makanan datang sebenarnya adalah salah satu fase yang akan dilalui oleh semua bayi. Perilaku bayi yang tidak mau makan bukan karena bayi kehilangan selera makan. Yang lebih mungkin terjadi adalah bayi sedang menempatkan diridalam diet pemeliharaan tubuh. Hal ini dikarenakan di usia menjelang 1 tahun kenaikan berat badannya  tidak secapat di bawah usia 1 tahun. Semua tingkah laku bayi harus dihadapi orangtua dengan sabar, dan tidak perlu kesal atau marah sampai harus memaksa bayi makan, karena kalau itu yang terjadi malah tidak sehat karena dapat membuat bayi trauma. Selain itu, faktor lain yang dapat memicu perilaku bayi tersebut adalah bertambahnya minat bayi terhadap dunia di sekitarnya. Saat ini jadwal makan justru terasa "sangat mengganggu" bayi, lantaran ia sebenarnya inginterus bergerak, bukannya duduk manis untuk makan. 

Kemungkinan lain penyebab bayi tidak mau makan selain faktor psikologis adalah faktor fisik seperti bayi akan tumbuh gigi. Pertumbuhan gigi memang membuat rasa tidak enak pada bayi sehingga ia menolak untuk makan. Bayi yang sedang tidak enak badan seperti batuk-pilek juga bisanya melakukan hal yang sama.

Tips untuk membuat anak mau makan adalah beri kesempatan anak makan sendiri. Dengan makan sendiri anak akan merasa tugas barunya yaitu makan sendiri sangat menarik hatinya.Kedua, cobalah biarkan anak sendirian biasanya anak akan berusaha untuk menggapai makanan yang ada di hadapannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar