Sukses

Gangguan Usus Bayi Baru Lahir
05 Okt 2016, 20:17 WIB
Wanita, 23 tahun.

Ass..…,dok saya maw nanya ni tentang penyebab infeksi usus pada bayi baru lahir ? Mohon penjelasannya dok

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Bayi rentan terjadi infeksi saluran cerna atau yang disebut gastroenteritis. Umumnya infeksi yang menyerang pada bayi adalah rotavirus, ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna. Gejala yang umumnya terjadi menunjukkan adanya gangguan saluran cerna, seperti muntah, Diare, disertai demam.

Pada kondisi infeksi ini sebenarnya antibotik belum diperlukan, kecuali jika ada kecurigaan penyebab infeksi adalah bakteri. Dan anda tidak perlu khawatir, karena terdapat antibiotik yang aman untuk diberikan kepada bayi.

Untuk itu, apabila dalam 3 hari tidak ada juga perbaikan gejala yang bayi anda alami, maka kembalilah memeriksakan bayi Anda kepada dokter agar dapat dilakukan evaluasi untuk mencari kemungkinan penyebab lain yang mungkin terjadi.

Sedangkan, bisa juga terjadi penyempitan usus pada bayi baru lahur. Penyempitan usus yang terjadi dari lahir dapat berupa penyempitan rektum yang ditandai dengan tidak dapat BAB atau tidak adanya lubang anus. Selain itu juga dapat terjadi penyempitan esofagus (saluran makanan di leher) sehingga bayi tidak dapat menyusui atau bahkan muntah terus, atau bisa juga karena bagian usus saling masuk ke saluran usus yang dalam dunia medis disebut invaginasi.

Penyebab masing-masing penyakit diatas berbeda-beda. Namun umumnya karena kelainannya timbul dari lahir, bisa disebabkan kareran terjadi kegagalan dalam masa pembentukan organ (trimester pertama). Hal ini bisa disebabkan karena infeksi saat kehamilan, kurangnya atau gangguan nutrisi saat hamil, terkena radiasi saat hamil, dan lainnya. Namun sebagian besar penyebabnya tidak diketahui. Untuk itu penting dilakukan pemeriksaan rutin saat kehamilan dan menjaga nutrisi ibu hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar