Sukses

Apa itu ISPA
05 Oct 2016, 08:28 WIB
Pria, 20 tahun.

Assww. Dok saya mau tanya apakah faringitis akut, gastritis, demam tifoid, dan hipertensi termasuk ke dalam golongan penyakit ISPA? Dan apakah dermatitis (penyakit kulit) juga termasuk pada ISPA? Mohon pencerahannya dok. Terima kasih banyak.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Yang dimaksud saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti hidung, tenggorokan, ruang telinga tengah dan selaput paru.  Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influensa, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus. 

ISPA sendiri cukup berbahaya, karena di Indonesia, pneumonia merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah kardiovaskuler (penyakit jantung dan pembuluh darah) dan tuberkulosis (TB). 

Pasien dapat memiliki manifestasi klinis seperti: demam, batuk, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar