Sukses

Berat dan Tinggi Badan Normal Anak 2 tahun

03 Oct 2016, 15:48 WIB
Wanita, 2 tahun.

DENGAN BB SEGITU APA ANAK SY SDH MEMILIKI KEBUTUHAN GIZI YG SEMPURNA

Halo, terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Untuk anak perempuan usia 2 tahun, berat badan normal menurut kurva WHO adalah 10.5 - 13 kg. Jadi, dalam hal berat badan, anak Anda berada dalam kategori normal. Dalam hal tinggi badan, berdasarkan kurva WHO anak perempuan usia 2 tahun tinggi badan normalnya berada pada kisaran 83-90 cm.

Tinggi badan yang kurang dari normal bisa terjadi karena kesalahan pengukuran. Pastikan saat melakukan pengukuran, anak berdiri dalam posisi tegak dengan tumit dan belakang kepala menyentuh dinding. lakukan pengukuran secara tegak dari telapak kaki sampai bagian paling atas kepala.

Perlu diketahui ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan anak seperti genetik, hormonal dan lingkungan. Faktor lingkungan lebih dipengaruhi oleh kondisi sosioekonomi, psikososial, nutrisi bahkan penyakit yang mungkin diderita. Tinggi seorang anak sebenarnya bisa diprediksi secara genetik. Potensi tinggi genetik sama dengan rentang tinggi badan akhir seseorang sebagai akibat pengaruh genetik kedua orang tuanya.

Masa pertumbuhan anak terbagi atas tiga fase yaitu Infancy terjadi 0-2 tahun, kemudian childhood ini terjadi pada usia 2 tahun sampai sebelum pubertas dan yang terakhir adalah adolescence yang untuk anak perempuan terjadi pada usia 11 tahun sedangkan untuk anak laki-laki pada usia 13 tahun atau lebih dikenal dengan usia pubertas.

Adapun gangguan pertumbuhan primer bisa terjadi sejak dari dalam kandungan. Mungkin saja terjadi pertumbuhan janin yang terhambat, kelainan pertumbuhan tulang dan kelainan kromosom. Sedangkan gangguan pertumbuhan sekunder bisa terjadi karena malnutrisi ataupun penyakit kronis.

Sebenarnya pendek bisa diobati. Poin terpenting adalah harus diketahui dahulu penyebabnya sehingga pengobatannya sesuai. Monitoring pertumbuhan dengan pengukuran antropometri berkala sangatlah penting untuk menegakkan diagnosis, menentukan dan memantau terapi.

Bila Anda telah melakukan pengukuran dengan benar dan masih mendapati tinggi badan anak kurang dari normal, kami sarankan Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak. Dokter spesialis anak akan memeriksa dan memberikan terapi secara optimal sesuai dengan kebutuhan anak tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar