Sukses

Penanganan vitiligo yang aman

02 Oct 2016, 22:58 WIB
Pria, 30 tahun.

Saya menderita kelainan vitiligo sejak 15 tahun yang lalu. Mulai dari bercak kecil di kaki, sampai sekarang hampir 30% tubuh secara tersebar. Saya juga merupakan carrier hepatitis B (dorman tapi dalam pengawasan). Selain itu saya tidak ada keluhan kesehatan lain. Baru-baru ini saya baru menemukan artikel di internet yang mengatakan bahwa terapi suplemen berikut memberikan hasil repigmentasi pada pasien vitiligo: Vitamin B12 1 mg B.I.D Folic acid 5 mg B.I.D Ketika saya bandingkan dengan produk vitamin di pasaran, sepertinya dosis ini cukup tinggi (saya harus mengkonsumsi sampai 10 kapsul per hari per jenis). Pertanyaan saya, apakah ini cukup aman untuk dicoba? Apa resiko/efek samping yang mungkin dialami? Terimakasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Izinkan kami menjelaskan tentang vitiligo. Vitiligo adalah gangguan pigmentasi dimana melanosit (sel yang membentuk pigmen) di area kulit hancur/ rusak. Sebagai hasilnya, terdapatlah bercak putih yang muncul pada kulit di berbagai bagian tubuh.

Apakah sebenarnya penyebab vitiligo?

Penyebab dari vitiligo masih belum diketahui. Beberapa teori mengemukakan mengenai keterkaitan gen yang menyebabkan depigmentasi atau genetik yang diturunkan. Vitiligo diperkirakan merupakan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh seseorang. Dilaporkan bahwa sengatan sinar matahari atau stres dan emosi dapat memicu terjadinya vitiligo.

Apakah faktor genetik berpengaruh pada kemungkinan untuk menderita vitiligo?

Iya. Faktor genetika menjadi salah satu faktor resiko terjadi vitiligo. 

Apakah ada obat untuk menyembuhkan secara total penyakit vitiligo ini?

Tujuan utama terapi vitiligo adalah memperbaiki penampilan. Umumnya pengobatan merupakan pengobatan jangka panjang dan harus rutin. Jenis terapi akan tergantung dari banyaknya bercak putih di tubuh, lokasi, ukuran, dan seberapa luas penyebarannya. Masing-masing individu berespon berbeda terhadap terapi yang dilakukan. Jenis terapi untuk vitiligo adalah medikal (obat), operasi, dan terapi tambahan.

Jenis terapi medikamentosa adalah terapi topikal (dioleskan) diantaranya adalah steroid topikal dan psoralen (fotokemoterapi). Selain itu, sebaiknya selalu memakai tabir surya untuk melindungi kulit tersebut. Vitiligo merupakan penyakit yang melibatkan multidisiplin ilmu. Kami sarankan Anda melakukan kosultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapatkan penanganan vitiligo yang optimal. Konsultasi juga secara langsung dengan dokter kulit anda sebelum anda mengkonsumsi suplemen vitamin dalam dosis besar karena bagaimapun, kelebihan vitamin dalam tubuh juga tidak baik kecuali memang ada indikasi tertentu yang jelas.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar