Sukses

Benjolan Putih di Tenggorok, Tonsilitis atau Difteri?
01 Okt 2016, 16:55 WIB
Pria, 20 tahun.

jika tiba tiba di tengorokan ada benjolan benjolan putih.dan sakit kalo buat bernafas dan menelan itu sakit apa dan bagaimana cara penanganya

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Dari gejala yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda menderita radang amandel atau tonsilitis. dimana benjolan berwarna keputihan tersebut disebut dengan detritus.

Gejala umum tonsillitis adalah nyeri tenggorok dan demam. Pada tenggorok dan tonsil biasanya terlihat merah dan membengkak. Pada tonsil dapat terlihat nanah yang menutupi secara penuh ataupun  bercak-bercak.

Tonsilitis yang disebabkan oleh virus akan menghilang dengan sendirinya. Pengobatan akan bertujuan untuk membantu Anda merasa lebih nyaman. Bila tonsillitis yang terjadi pada anak Anda disebabkan oleh bakteri, maka perlu pengobatan antibiotik. Bila, tonsillitis ini terjadi berulangkali, atau tidak membaik dengan pengobatan serta mengganggu aktivitas sehari-hari, maka operasi pengangkatan tonsil/tonsilektomi adalah pilihan yang tepat.

Terapinya mulai dari pemberian obat sesuai gejala (demam, radang, dsb), dapat pula pmeberian antibiotik jika disinyalir disebabkan oleh bakteri seperti streptokokus.

Namun jika benjolan berwarna putih seluruhnya hal tersebut disebut pseudomembran, biasanya disebabkan oleh penyakit difteri. Gejala difteri biasanya demam, nyeri dan sulit menelan, dan sesak nafas. Difetri merupakan sebuah keadaan gawat darurat dan Anda harus segera memeriksakan diri kepada dokter.

Anda dapat beristirahat, konsumsi banyak sayur dan buah serta knsumsi banyak air putih untuk saat ini. Namun, jika dalam 1-2 hari ke depan keluhan Anda tidak kunjung mwmbaik dan diserta kesulitan dalam bernafas dan makan/minum, maka segera lah berkonsultasi kepada dokter spesialis THT untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar