Sukses

Susu Formula dan Keluhan BAB

30 Sep 2016, 14:43 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok.. saya mau tanya.. anak saya baru berumur 2 bulan lebih 8hri.. anak saya minum susu morinaga bmt.. tp pas skrg usia uda 2bulan bab nya kurang lancar kadang 1hri 1 kli.. dan skeng sudah 2 hari blm bab.. apakah masih normal??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya ada hal-hal yang perlu kami ketahui: Bagaimanakan kotoran/feses anak Anda? Apakah kecil - kecil atau lembek atau cair (seperti diare)? Sejak kapankah keluhan tersebut dialami?  Berapakah tinggi dan berat badannya saat ini? Adakah gejala lain seperti mual, muntah, perut membesar, demam?

Perlu Anda ketahui bahwa pada bayi usia 0-6 bulan sumber nutrisi terbaik adalah air susu ibu (ASI). Sehingga pada anak usia 3 bulan disarankan untuk memberikan ASI ekslusif. Pada bayi usia di bawah 6 bulan organ pencernaan belum berkembang dengan sempurna sehingga pemberian susu formula dan makanan tambahan lainnya dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan si kecil. Setelah menginjak usia 6 bulan barulah si kecil boleh dikenalkan dengan makanan pendamping ASI.

 

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah. Sedangkan pada susu formula, protein yang terdapat di dalamnya lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang dan lebih keras. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

 

Jika anak Anda diberikan susu formula, Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna, dan pastikan agar bayi Anda tidak kurang minum. Namun bila Anda dapat memberikan ASI bagi si kecil, maka sebaiknya Anda menunda pemberian susu formula dan memberikan ASI ekslusif bagi si kecil sampai usia 6 bulan.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada bayi anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi anda, kami sarankan sebaiknya anda segera membawa bayi anda ke dokter spesialis anak.

Berikut kami lampirkan artikel menganai konstipasi pada anak:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar