Sukses

Sering BAK Saat Hamil dan Alergi Susu Hamil

23 Sep 2016, 19:26 WIB
Wanita, 25 tahun.

siang dokter.. saya sering sx mengalami buang air kecil apa itu normal.usia kehamilan 18 wek.. trus apakah saya alergi dengan susu ibu hamil.karna setiap saya mengkonsumsi susu ibu hamil pasti sesudah itu langsung mules dan BAB trus??? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Sering buang air kecil pada awal kehamilan wajar terjadi .Pada masa tersebut, kandungan ( uterus) mulai membesar karena perkembangan janin di dalamnya. Uterus yang terletak di belakang kandung kemih dapat memberi penekanan sehingga mempengaruhi pengeluaran urin. Umumnya keluhan ini akan berkurang sejalan dengan usia kehamilan. Uterus yang tadinya menekan kandung kemih akan membesar mengarah ke atas sehingga mengurangi tekanan pada kandung kemih. Namun, keluhan ini kembali akan terjadi menjelang kehamilan, karena pada masa itu janin dalam kandungan mulai turun mengarah ke jalan lahir sehingga dapat menekan kandung kemih. Namun ada juga yang mengalami sering berkemih selama kehamilan berlangsung. 

Mengenai pertanyaan Anda tntang diare pada kehamilan, diare dan muntah biasanya menunjukkan adanya inflamasi pada saluran cerna baik oleh infeksi (virus, atau bakteri) maupun iritasi makanan yang merangsang (terlalu pedas, terlalu asam, dll). Kecuali pada kehamilan, mual muntah dapat disebabkan oleh adanya peningkatan hormon-hormon kehamilan, bukan diakibatkan adanya infeksi.

Umumnya diare disebabkan oleh infeksi virus jadi akan membaik sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar asupan cairan (minum) selama kehamilan dalam jumlah cukup. Perhatikan juga pergerakan janin Anda, apabila Anda merasa terdapat penurunan gerakan janin maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Pilihan obat yang dapat dikonsumsi salah satunya attapulgite (untuk menghentikan diare), namun sebaiknya setelah melakukan pemeriksaan dan atas saran dokter.

Namun, pada kasus Anda, diare muncul setiap Anda meminum susu, bisa saja Anda alergi terhadap protein susu sapi maupun salah satu kandungan di dalamnya, atau memang bisa saja penyebab lain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Coba Anda hentikan dulu konsumsi susunya dan lihat apakah diare berhenti setelah Anda berhenti minum susu. Jika ya, maka susu lah penyebab diare yang Anda alami. Tidak masalah jika Anda tidak meminum susu saat hamil, asalkan kebutuhan nutrisi, terutama kalsium terpenuhi dari makanan. Yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dan ibu hamil adalah melalui makanan yang dimakan oleh ibu. 

Jika diare berlangsung lebih dari 1 minggu, kunjungilah dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang merawat Anda untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar