Sukses

Menjaga kesehatan janin
19 Sep 2016, 06:26 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter mau tanya, bagaimana cara menjaga kesehatan janin d dalam perut dg baik ..

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, para ibu hamil dapat melakukan kiat-kiat berikut ini:

  1. Antenatal Care (ANC). Apabila Anda sedang  hamil, maka pemeriksaan kehamilan secara rutin akan membantu dokter memantau kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda.

  2. Penuhi kebutuhan nutrisi harian dengan gizi seimbang. Konsumsi asam folat, kalsium, zat besi, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya.

  3. Menambah berat badan dengan bijak. Selama enam bulan pertama kehamilan, kebutuhan kalori yang dibutuhkan adalah sekitar 2000 kalori. Hal ini tidak jauh lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan kalori seorang wanita sebelum hamil. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan (trimester ketiga kehamilan), seorang wanita hamil akan membutuhkan kalori tambahan sekitar 200 kalori per hari, menjadi sekitar 2.200 kalori per hari.

  4. Tetaplah aktif. Aktivitas fisik secara teratur dapat meringankan atau bahkan mencegah ketidaknyamanan yang dirasakan selama kehamilan. Hal ini juga dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk persalinan. Diskusikan kepada dokter, jenis latihan apa yang dapat dilakukan ketika hamil. 

  5. Hindari zat berbahaya seperti alkohol, tembakau, dan obat-obatan terlarang selama kehamilan.

  6. Hindari pemakaian obat tanpa rekomendasi dokter. Apabila kita mengalami batuk pilek atau demam, sering kali kita membeli obat warung untuk penanganan pertama. Dari segi kepraktisan, hal ini memang sangat bermanfaat. Sayangnya, kebiasaan ini harus dibuang jauh-jauh ketika hamil, karena beberapa obat tertentu sebaiknya dihindari atau justru berbahaya bagi janin.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar