Sukses

Berbagai Kebutuhan Gizi Ibu Hamil
18 Sep 2016, 10:26 WIB
Wanita, 34 tahun.

Susu ibu hamil u usia kandungan 6 minggu tanpa disertai mual,yg baik apa?makasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Pemberian suplemen ibu hamil dan susu ibu hamil adalah untuk membantu kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan ibu dan perkembangan janin. Mohon maaf karena kami tidak dapat memberikan nama dagang produk tertentu dalam penjelasan kami, namun izinkan kami menjelaskan tentang berbagai kebutuhan gizi ibu hamil.

Wanita hamil harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap (karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral) dengan banyak variasi. Kurangnya asupan zat gizi saat hamil dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Setiap wanita hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori/hari yang dapat diperoleh dari sumber manapun termasuk susu. Kalori tersebut digunakan untuk metabolisme tubuh ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin.

Pada prinsipnya adalah Anda perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Cara terbaik adalah dengan makan makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), sayur-sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, Anda perlu juga mengkonsumsi suplemen ibu hamil. Suplemen yang diperlukan dapat diperoleh dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil yang diberikan oleh dokter atau bidan Anda. 

  • Untuk trimester pertama, Anda perlu asupan asam folat yang cukup untuk perkembangan syaraf janin.

  • Untuk trimester kedua dan ketiga, Anda perlu asupan Calcium dan Ferrum (besi) yang cukup.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi suplemen makanan, biasanya dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil. Konsumsi susu selain susu hamil, misalnya susu hi-calcium tidak apa-apa. Yang penting diperhatikan adalah susu tersebut telah melewati proses pasteurisasi yang baik dan bukan susu murni.

Selain itu Anda dapat mengonsultasikan nutrisi selama kehamilan Anda kepada dokter kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar