Sukses

Perkembangan Bicara Anak Usia 2 Tahun

14 Sep 2016, 19:58 WIB
Pria, 2 tahun.

ass...Dok anak saya usianya 2,3 tahun saat ini,tetepi knp di usaianya sekarang dalam bicara itu seperti blm bisa ngucapkan,ttp untuk memangil mama,susu itu fasih,jika disuruh menyebutkan kata2 lain blm bisa dok,itu knp ya dok,mohon penjelasanya...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bagaimanakah dengan riwayat perkembangan bicara anak Anda hingga saat ini? apakah anak memberi respon jika dipanggil, diajak bicara atau diberi stimulasi berupa suara?

Setiap anak berbeda dalam kecepatan pertumbuhan dan perkembangan. Pada usia 2-3 tahun, perkembangan anak Anda seharusnya sudah mencapai tahapan dapat menyebut beberapa benda, mengenal anggota tubuh (mulut, hidung) bila disuruh menunjukkan, mengenal 5-6 benda (bukan menyebut), menggunakan kombinasi kata menjadi kalimat pendek, mendengarkan bila dibacakan cerita, dapat melakukan kontak mata dengan orang lain. 

Anda juga dapat mencoba untuk melihat secara rata-rata perkembangan bicara anak-anak lain di sekitar Anda yang seusia dengan Anak anda. Apakah kemampuan bicaranya secara umum serupa, atau terlihat perbedaan yang cukup drastis? Bila Anda merasa bahwa perkembangan bicara anak Anda terlambat, Anda dapat melakukan skrining dengan dokter untuk mengetahui apakah kemampuan bicara anak Anda sesuai dengan usianya. Bila dideteksi adanya keterlambatan, perlu dideteksi faktor penyebabnya dan tata laksana yang paling sesuai bergantung dari faktor penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Medis KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar