Sukses

Seputar Hernia
01 Sep 2016, 07:28 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat Siang Dokter, Saya mau tanya dok, apakah benar penyakit Hernia bisa terjadi pada perempuan...?? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Hernia terjadi ketika organ atau jaringan lemak 'terselip' ke dalam sebuah titik lemah di sekitar otot atau jaringan penyambung yang disebut fasia. Ada beberapa jenis hernia, yaitu hernia inguinalis (di selangkangan dalam), hernia insisional (terjadi akibat sayatan operasi), hernia femoralis (di selangkangan luar), hernial umbilikalis (pada pusar), dan hernia hiatus (pada lambung bagian atas).

Pada prinsipnya, semua jenis hernia bisa terjadi pada pria maupun wanita. Hanya saja, baik pria maupun wanita memiliki risiko untuk lebih mengalami suatu jenis hernia dibandingkan jenis yang lain. Berikut penjelasannya:

  • Hernia inguinalis. Usus atau kandung kemih 'terselip' melalui dinding perut ke dalam kanal di selangkangan. Sekitar 96% kasus hernia adalah jenis ini, dan sebagian besar terjadi pada pria karena 'titik lemah' yang secara alami ada di area ini. Pada pria, hernia jenis ini terasa sebagai benjolan pada buah zakar. Wanita pun bisa mengalaminya dan terasa sebagai benjolan pada labia mayora (bibir luar kemaluan).
  • Hernia insisional terjadi ketika usus mendorong dinding perut yang sebelumnya dioperasi. Jenis ini umumnya terjadi pada lansia atau orang-orang dengan berat badan berlebih yang cenderung kurang bergerak setelah operasi.
  • Hernia femoralis terjadi ketika usus memasuki kanal yang membawa pembuluh arteri femoralis ke dalam paha bagian atas. Hernia jenis ini paling umum terjadi pada wanita, khususnya yang sedang hamil atau berat badan berlebih.
  • Hernia umbilikalis terjadi ketika sebagian usus halus memasuki dinding perut di sekitar pusar. Umumnya terjadi pada bayi baru lahir, tetapi bisa didapatkan juga pada wanita dengan berat badan berlebih atau yang memiliki banyak anak.
  • Hernia hiatus terjadi ketika lambung bagian atas 'terselip' melalui hiatus (semacam lubang pada diafragma yang dilewati oleh kerongkongan/esofagus).

Semua hernia terjadi akibat kombinasi tekanan serta adanya lubang atau titik lemah dari otot atau fasia. Tekanan akan menyebabkan dorongan pada  organ atau jaringan melalui titik lemah/lubang tersebut. Kelemahan otot bisa muncul pada saat lahir, dapat juga muncul ketika usia lanjut.

Semua hal yang menyebabkan peningkatan tekanan dalam perut dapat menyebabkan hernia, yaitu:

  • Mengangkat benda berat
  • Diare atau konstipasi
  • Batuk atau bersin yang terus-menerus

Selain itu, berat badan berlebih (obesitas), gizi yang kurang baik, dan merokok, dapat memperlemah otot dan meningkatkan peluang hernia.

?
Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar