Sukses

Panas Dan Batuk Pada Anak

31 Aug 2016, 13:19 WIB
Pria, 37 tahun.

saya punya anak umur 10bulan sudah 2 hari ini badannya panas sering kentut2 dan ada batuknya beberapa kali muntahkan makanannya kira2 sakit apa ya,Dok

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Sebelumnya kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Sudah berapa lama batuknya? Terapi apa saja yang sudah diberikan? Apakah terdapat riwayat alergi dalam keluarga Anda? Apakah ada keluhan lain selain demam, seperti berat badan turun, sesak napas/napas cepat, suara ngorok saat tidur? Kapan biasanya batuk muncul apakah pada pagi/malam hari?

Demam/panas pada anak biasanya merupakan pertanda terjadinya infeksi pada anak. Sering disertai dengan sikap gelisah berlebihan, sulit makan dan gejala lainnya (seperti batuk, pilek, gangguan pencernaan, dsb) pada anak. Bila tidak ada gejala lain yang menyertai panas pada kepala anak Ibu, Ibu tidak perlu terlalu khawatir. Jika panas pada anak Ibu hanya dapat dirasakan pada kepala dan bagian tertentu tubuh  saja, bisa diperhatikan suhu di ruangan tersebut atau pakaian yang digunakan Anak. Juga dapat diperhatikan bahan-bahan selimut atau pun sprei tempat tidur Anak, apakah bahannya terlalu tebal. 

Jika suhu ruangan sudah optimal dan bahan-bahan pakaian, selimut serta sprei lainnya sudah cukup sejuk dan tidak terlalu tebal dan kepala anak Ibu masih panas, masih terdapat batuk, dan telapak kaki dan tangan anak Ibu teraba semakin dingin dan anak Ibu terlihat semakin lemas, maka Ibu dapat membawa anak Ibu segera ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih terinci.

Penyebab batuk dapat karena alergi atau infeksi saluran napas. Batuk yang disertai demam menandakan adanya proses infeksi baik karena bakteri maupun virus. Pada umumnya batuk yang disebabkan oleh virus bisa sembuh sendiri. Namun batuk pilek bisa menjadi berbahaya dan menyebabkan pneumonia (infeksi paru-paru) sampai sepsis jika tidak segera ditangani dengan baik. Jika batuk berdahak, anak tampak sesak, suara napas berubah, anak menjadi rewel, masih demam, sebaiknya segera periksakan langsung buah hati Anda ke dokter speaialis anak Anda agar dapat dievaluasi lebih lanjut penyebab demam dan batuk atau adakah sumber infeksi lain pada buah hati Anda. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar