Sukses

Anak Batuk, TB atau Alergi?
29 Aug 2016, 08:31 WIB
Pria, 12 tahun.

Dok,sy tkt anak sy kena flek,tp ktny ini batuk alergi soalny klu kena flek bdnny kurus,disertai demam ktny..apakah sy hrs ttp cek soalny beberapa bln kemarin mertua sy dirawat karna paru2 tktny ketularan..mhn bantuanny..mksh

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Ada beberapa informasi yang perlu kami ketahui untuk bisa memberi informasi yang lebih spesifik, seperti sudah berapa lama anak Anda batuk? Apakah ada gejala lain seperti demam dan keringat dingin? Adakah penurunan berat badan anak yang cukup signifikan? Dan beberapa hal lain.

Tuberkulosis (TB) atau awamnya disebut flek, sebagian besar terjadi pada paru-paru. Pada orang dewasa, gejala penyakit TB cukup mudah dikenali dan didiagnosis. Gejala TB pada dewasa meliputi batuk berdahak lebih dari dua minggu, batuk darah, demam, keringat dingin pada malam hari, penurunan nafsu makan dan berat badan, sesak napas, nyeri dada, dan perbesaran kelenjar getah bening.

Berbeda dengan orang dewasa, gejala TB pada anak lebih sulit dikenali karena terkadang gejala TB pada anak kurang jelas. Hal ini terutama terjadi pada anak yang masih berusia kurang dari tujuh tahun. Gejala TB yang paling sering ditemukan pada anak adalah batuk dan sesak napas. Selain itu, gejala yang cukup sering terjadi pada anak dengan TB adalah berat badan yang kurang sehingga anak mengalami gizi kurang atau gizi buruk. Berat badan pada anak dengan TB sulit naik, bahkan setelah beberapa bulan dilakukan upaya peningkatan berat badan.

Gejala-gejala lain yang dapat terjadi pada anak dengan TB adalah demam tanpa sebab yang jelas, pembesaran kelenjar getah bening pada leher, ketiak, dan selangkangan, serta pembengkakan tulang atau sendi pada panggul, lutut, dan jari.

Salah satu faktor resiko anak menderita TB memang adalah terpapar dengan pengidap TB dewasa, misalnya anggota keluarga yang serumah atau pengasuh anak. Namun, untuk mendiagnosa TB memang diperlukan wawancara mendalam dan pemeriksaan fisik langsung yang menyeluruh. Sudahkan Anda memeriksakan anak Anda ke dokter? Jika terdapat faktor resiko paparan terhadap orang dewasa yang menderita batuk lama, kami sarankan Anda mengonsultasikan keluhan anak Anda ke dokter agar mendapat terapi sesuai penyebab secepatnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar