Sukses

Bintik Merah Pada Wajah Bayi Apa Alergi Susu Sapi?
27 Aug 2016, 20:21 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok.. Anak saya mengalami usianya masih 48hari. Anak saya minum susu formula karena asi saya keluar hanya sedikit. Tp anak saya mengalami bintik merah di pipi, sering gumoh, trus anak saya sering minta susu berlebihan. Apakah itu termasuk gelaja anak alergi susu sapi atau bukan?

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Bunda yang terhormat, pertama-tama kami sarankan bahwa selama Anda masih memproduksi ASI sebaiknya bayi disusui sesering mungkin. Sebab rangsangan puting pada saat bayi menyusui akan meningkatkan produksi ASI bunda, sehingga bayi tidak memerlukan susu formula selama 6 bulan kedepan. Mengenai bintik merah  yang timbul pada pipi Anak Anda memiliki berbagai kemungkinan seperti udara panas maupun manifestasi kulit terhadap alergi protein susu sapi. Selain ruam merah pada wajah, gejala utama yang tersering ialah gangguan pada saluran pencernaan seperti diare.

Jika memang terpaksa menggunakan susu formula kami sarankan agar Anda menggunakan susu formula, sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi. Namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai. Pada anak yang mengalami alergi protein sapi, penggunaan formula partially hydrolyzed and extensive hydrolyzed lebih disarankan, dibandingkan dengan penggunaan susu kedelai (soya) dalam penanganan alergi susu sapi.

Formula partially hydrolyzed (formula terhidrolisasi sebagian) umumnya digunakan untuk mencegah timbulnya gejala alergi pada anak yang memiliki resiko alergi karena faktor keturunan, sedangkan formula extensive hydrolyzed (formula terhidrolisasi seluruhnya) umumnya diberikan kepada anak yang telah menunjukkan gejala alergi (manifestasi alergi). Perilaku mengganti susu dengan jenis yang benar menjadi suatu masalah. Kesalahan memutuskan pemilihan susu pada anak berdampak panjang di masa depan. Susu PHP merupakan jenis yang partially hydolyzed dan dapat dijadikan pilihan untuk anak Ibu. 

Sebelum Anda kembali mengganti susu anak dari PHP menjadi regular, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anak Anda. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar