Sukses

Bintik Merah Pada Pipi Bayi
27 Aug 2016, 20:30 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, Saya mau tanya. Anak Saya belakangan ini ada bintik bintik merah di wajahnya tapi disekitar pipi keatas. Kadang muncul kadang hilang, apalagi kalau udara panas dan dia keringatan Dok, Saya kasian ngeliatnya kok sepertinya gatal, dia jadi sering garuk garuk ke daerah sekitar itu Dok. Ohiya, anak Saya sudah tidak ASI lagi karna kemarin Saya sempat demam tinggi terus anak Saya nolak waktu Saya kasih ASI jadi Saya kasih susu formula trus ASi Saya juga jadi berhenti Dok. Usia anak Saya 2 bulan 22 hari Dok. Itu alergi susu sapi atau bagaimana ya Dok?

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Bunda kami sangat mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan

Bintik merah  yang timbul pada pipi bayi Anda memiliki berbagai kemungkinan seperti udara panas maupun manifestasi kulit terhadap alergi protein susu sapi. Selain ruam merah pada wajah, gejala utama yang tersering ialah gangguan pada saluran pencernaan seperti diare.

Jika memang terpaksa menggunakan susu formula kami sarankan agar Anda menggunakan susu formula, sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi. Namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai. Pada anak yang mengalami alergi protein sapi, penggunaan formula partially hydrolyzed and extensive hydrolyzed lebih disarankan, dibandingkan dengan penggunaan susu kedelai (soya) dalam penanganan alergi susu sapi.

Formula partially hydrolyzed (formula terhidrolisasi sebagian) umumnya digunakan untuk mencegah timbulnya gejala alergi pada anak yang memiliki resiko alergi karena faktor keturunan, sedangkan formula extensive hydrolyzed (formula terhidrolisasi seluruhnya) umumnya diberikan kepada anak yang telah menunjukkan gejala alergi (manifestasi alergi). Perilaku mengganti susu dengan jenis yang benar menjadi suatu masalah. Kesalahan memutuskan pemilihan susu pada anak berdampak panjang di masa depan. Susu PHP merupakan jenis yang partially hydolyzed dan dapat dijadikan pilihan untuk anak Ibu. 

Sebelum Anda kembali mengganti susu anak dari PHP menjadi regular, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anak Anda. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar