Sukses

Benjolan Payudara Pria

27 Aug 2016, 17:45 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat pagi dok, sy punya ibu umur 53 thn dok bliau mngalami benjolan di bagian dkat payudara dan di bawah ketiak dok, sblmnya prnah di oprasi yg di bwah ketiaknya dok, tp benjolannya msh ada, klo di tekan bru trasa nyeri tp klo di biarin g dok, sy takutnya smpe tmbah mmbesar dok, apakah itu pngaruh hormon atau bgm dok ? dan apakah prlu di angkat benjolan itu lagi ? mohon pnjelasannya dok. Terima kasih..

 

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami tidak mengetahui jenis benjolan yang Anda derita, apakah benjolan membesar atau tidak, apakah dapat digerakkan dari dasar atau tidak, apakah meradang atau tidak?

Tumor/benjolan payudara pada pria paling banyak kasusnya pada pria usia tua, meskipun dapat terjadi pada usia berapapun. Tumor pun dapat bersifat ganas dan jinak.

Pada wanita jaringan payudara sendiri terbentuk dari kelenjar-kelenjar yang memproduksi ASI, yang membawa ASI ke puting dan kelenjar lemak. Kelenjar payudara pada wanita berkembang terutama saat pubertas, sedangkan pria tidak. Namun karena pria juga memiliki jaringan payudara, walaupun jumlahnya sedikit, pria pun dapat menderita kanker payudara. Kejadian kanker payudara sangat jarang terjadi pada pria dibawah usia 35 tahun, namun pada beberapa kasus masih dapat dijumpai.

Faktor risiko terjadinya kanker payudara pada pria antara lain:

  • Riwayat keluarga dekat menderita kanker payudara

  • Riwayat terpapar radiasi di bagian dada

  • Pembesaran payudara (ginekomastia) akibat obat-obatan atau terapi hormon, infeksi

  • Kelainan genetik seperti sindroma Kinefelter

  • Penyakit hati berat (sirosis)

  • Penyakit testis: mumps orchitis, luka pada testis; undescended testis

Gejalanya sendiri sama seperti gejala kanker payudara pada wanita, dapat berupa benjolan pada payudara disertai dengan tumbuhnya benjolan di daerah ketiak. Pada pria gejala kanker payudara sering terlambat terdeteksi, kadang ada yang datang ketika sudah keluar nanah atau darah dari puting susu.

Untuk mengetahuinya apakah benjolan yang dikeluhkan ganas atau tidak, dibutuhkan pemeriksaan fisik lebih lanjut serta pemeriksaan penunjang seperti mammogram dan biopsi.Kami sarankan agar Anda kembali memeriksakan diri kepada dokter ahli bedah tumor untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar