Sukses

Mendengkur Apakah Sakit Tenggorokan Biasa?

27 Aug 2016, 16:01 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok,suami saya merasakan ada sesuatu yg menganjal di tengorokannya,terlebih saat tidur dia mendengkur,dgn mulut terbuka,dan terlihat sulit bernafas,terlihat dari retraksi dadanya,,,yg terlihat ada penekanan ini terjdi saat posisi tidur terlentang tetapi saat tidur dgn posisi miring dengkurannya berhenti dok,tidurnya sepertinya tidak terganggu dok,tetapi saat pagi suami sering mengantuk,dia perokok aktif&kadang mnum minuman beralkohol,apakh suami saya terkena apnea??atau sakit tengorokan biasa??terimakasih

 

Dari gejala yang Anda sebutkan, kemungkinan gejala yang suami Anda alami adalah radang Amandel atau Tonsilitis. Penyakit amandel biasanya disebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan amandel menjadi membesar akibat proses peradangan. Amandel yang membesar ini akan menyebabkan nyeri saat menelan makanan. Selain itu tidur mendengkur dan sering terbangun mendadak dari tidur (Sleep Apnea) merupaka gejala khas lainnya dari penyakit ini.

Mengatasi Amandel

Untuk amandel yang disebabkan oleh bakteri, maka untuk mengatasinya maka akan diberikan antibiotik. Selain itu dapat pula diberikan obat untuk mengurangi proses peradangan yang terjadi pada amandel tersebut.

Untuk operasi pengangkatan amandel, hanya dilakukan jika sudah ada indikasi yaitu berulangnya penyakit cukup sering dan terdapat gejala penyumbatan seperti gangguan tidur. Pasien yang sering  mengalami penyakit ini dalam sebulan sampai beberapa kali, sering mengorok saat tidur, dan sering terbangun karena sesak maka sudah dianjurkan untuk dilakukan operasi pengangkatan amandel.

Inti agar seseorang terhindar dari radang amandel yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh dan menghindari berbagai jenis makanan/minuman yang merangsang tonsil, diantaranya:

  • Hindari minuman dingin, perbanyaklah minum air putih hangat.

  • Jauhi es krim,

  • Hindari minuman soda,

  • Jangan makan makanan yang digoreng

  • Hindari makanan manis

  • Hindari asap rokok

Bila ternyata amandel yang dirasakan oleh suami Anda sering berulang, dalam sebulan hingga 3 kali mengalami penyakit ini dan terdapat gangguan saat tidur (mendengkur hingga terbangun), segera konsultasi ke dokter spesialis THT untuk mendapatkan pemeriksaan dan penangana lebih lanjut. Jika Amandel dinilai sudah sangat mengganggu seperti membuat seseorang kesulitan makan, maka dokter akan menyarankan agar amandel tersebut diangkat/dioperasi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar