Sukses

Takaran Minum Susu Formula

27 Aug 2016, 12:41 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dear Morinaga Bayi saya minum susu formula BMT Platinum. Dan saya ingin bertanya mengenai takaran dalam pemberian susu formula kepada bayi saya yang berusia 1 bulan 1 minggu. Bayi saya sudah 4 hari ini rentang waktu minum susunya per2jam sekali dengan takaran susu formula 3 sendok (90ml). Kalau saya kurangin takaran nya menjadi 2 sendok (60ml) dia kurang dan nangis lagi. Apakah itu aman untuk anak saya??

Terima kasih telah menggunakan layann e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kebutuhan susu masing-masing bayi berbeda-beda tergantung usia dan kapasitas lambungya. Pada bayi berusia 1 bulan kapasitas lambungnya ialah sekitar 80-150 ml sekali minum dan jumlah ini akan dapat terus bertambah seiring bertambah nya usia bayi. Selera bay berbeda-beda, ada bayi yang meminum susu secukupnya namun ada pula yang membutuhkan lebih. Bayi usia 1 bulan biasanya masih sering minum susu dengan jarak antara 2-3 jam.

Yang terpenting adalah Anda dapat memperhatikan tanda lapar (seperti mengecap-ngecap, melakukan gerakan menghisap, menoleh ke arah tangan saat Anda mengusap mulutnya dan memasukkan tangan ke mulut) dan kenyang pada bayi.

Selain itu pastikan bayi mendapatkan asupan yang cukup dengan memperhatikan frekuensi BAK minimal 6x, penambahan berat badan sesuai usia, dan bayi tertiddur pulas atau terlihat tenang setelah minum susu.

Anda dapat memperhatikan takaran yang tertera pada susu formula bayi Anda bila Anda bingung untuk menentukannya. Selain itu, Anda dapat pula berkonsultasi dengan dokter anak yang menangani anak Anda.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar