Sukses

Program Hamil Setelah IUFD dan Kemungkinan Melahirkan Normal Setelah SC (VBAC)

27 Aug 2016, 12:11 WIB
Wanita, 23 tahun.

halo dok, 22bulan yg lalu saya IUFD uk 37w karna urgent dan induksipun tak membantu pembukaan akhirnya sc pun dilakukan, pertanyaannya apakah sy bs promil kembali? dan kelahiran selanjutnya bs normal (VBAC) atau tidak? thanks

Terima kasih telah menggunakan layanan E-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com. 

Kami turut bela sungkawa atas kejadian yang menimpa Anda sekeluarga. 

Apakah penyebab IUFD pada Anda? Adakah kemungkinan terjadinya infeksi? Sebaiknya untuk menghindari kelainan pada kehamilan Anda, Sebelum merencanakan kehamilan Anda dapat memeriksakan adakah TORCH (Toxoplasma. Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex). 

Usaha-usaha yang dapat Anda lakukan dalam memperoleh keturunan diantaranya adalah dengan melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur Anda. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur).

Untuk mengetahui kapan masa subur, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Minum susu baik untuk keseimbangan gizi Anda. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Melahirkan Normal Setelah SC

Melahirkan normal setelah riwayat caesar sebelumnya dinamakan VBAC (Vaginal Birth After C-Section) Jarak persalinan normal dengan persalinan caesar sebelumnya idealnya 18-24 bulan. Ada pula yang mengatakan setelah18  atau 24 bulan baru hamil lagi untuk lebih amannya. Akan tetapi semua tergantung bagaimana riwayat operasi caesar sebelumnya. Persentase berhasilnya 60-80%. Dan resiko utamanya adalah pecahnya rahim, yaitu bekas caesar terbuka kembali setelah persalinan. Sehingga diperlukan pemeriksaan kesehatan yang mendukung sebelum dilakukan VBAC

Syarat untuk melakukan VBAC adalah : 

  • Baru mengalami satu kali operasi caesar dan tidak ada riwayat perlukaan rahim lainnya seperti operasi mioma uteri atau tumor jinak otot rahim, dan riwayat ruptura uteri

  • Caesar pertama bukan karena indikasi yang akan menetap/berulang, seperti panggul sempit dan riwayat operasi pengangkatan mioma uteri. Misalnya jika riwayat caesar sebelumnya karena posisi anak sungsang, gawat janin atau plasenta previa (ari-ari di bawah) dan hal ini tidak berulang, maka kelahiran normal bisa dilakukan.

  • Jenis jahitan pada operasi caesar sebelumnya bukan model klasik atau longitudinal incision atau jahitan vertikal, tapi insisi transversa rendah (low transverse incision)

  • Panggul tidak sempit

  • Tebal rahim berada dalam batas aman –memiliki 0% risiko terjadinya ruptur uteri-, yaitu 4,5 mm. 

  • Tidak terjadi komplikasi pada kehamilan.  Persalinan normal setelah operasi caesar tidak disarankan untuk ibu hamil yang memiliki komplikasi kehamilan seperti diabetes atau tekanan darah tinggi

  • Persalinan timbul terjadi dengan spontan, yaitu kontraksi dan pembukaan serviks terjadi secara spontan.

Sedangkan VBAC tidak direkomendasikan dalam situasi:

  • Jika Anda sedang hamil dengan kembar

  • Jika Anda memiliki diabetes

  • Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi

Jika Anda memenuhi syarat diatas maka persalinan normal diperbolehkan, namun ada baiknya konsultasikan kembali ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar