Sukses

Cairan Vagina Sebelum Haid

25 Aug 2016, 21:32 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat sore dokter, pertanyaan saya apakah normal saja jika wanita mengeluarkan cairan encer seperti air, tidak berlendir, tidak berbau menyengat (busuk), tidak gatal tapi berwarna kuning kehijauan. Biasanya cairan banyak ketika menjelang haid, dan keluar dipagi hari.

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. 

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Siklus anda sejak november adalah 24 hari dan 26 hari. Bila siklus terakhir anda adalah 5 Januari 2009, maka menstruasi anda dapat terjadi sejak tanggal 26 Januari hingga 9 Februari 2009. Selama siklus anda masih dalam rentangan 21-35 hari, maka siklus anda masih tergolong normal.

Lendir kental yang anda alami adalah lendir atau cairan yang berasal dari servikal (leher rahim). Terdapat beberapa macam perubahan lendir servikal setiap bulannya. Yang berbeda adalah warna, konsistensi, dan kelicinan.

Beberapa hari setelah menstruasi, tidak akan didapatkan adanya lendir servikal atau hanya sedikit lendir. Lendir akan mulai diproduksi ketika siklus ovulasi (keluarnya sel telur) akan dimulai (sekitar 2 minggu plus minus 2 hari setelah Hari Pertama Haid Terakhir). Lendir akan menjadi kental, lengket, dan berwarna putih susu. Kemudian seiring dengan berjalannya siklus, lendir akan berubah menjadi seperti berawan dan akan semakin meningkat volumenya. Ada kemungkinan untuk menjadi hamil saat ini.

Lendir yang muncul saat ovulasi adalah lendir yang tipis, jernih, dan licin. Volume lendir akan semakin meningkat sampai ovulasi mencapai puncaknya. Lendir pada saat ini dapat direntangkan antara ibu jari dan jari telunjuk (cukup panjang) sebelum akhirnya putus. Lendir pada saat ovulasi akan menyediakan lingkungan yang optimal untuk sel sperma. Pada saat inilah kemungkinan hamil paling besar.

Post-ovulasi, lendir akan menjadi lebih kental, lengket, dan jumlahnya berkurang. Lendir ini tidak seelastis lendir sebelumnya. Lendir inilah yang sedang anda alami beberapa hari sebelum periode menstruasi tiba. Hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Selama tidak ada keluhan lendir membuat vagina menjadi panas, sangat gatal, berbau amis/ikan busuk, maka lendir tersebut adalah normal dan tidak perlu diberikan obat. 

Untuk persiapan kehamilan yang anda perlukan adalah makan makanan bergizi seimbang, kaya akan folat (Hati, telur, brokoli, kacang, jeruk, padi-padian, buncis), istirahat teratur, dan olahraga cukup. Menciptakan kondisi tubuh yang sehat dan baik akan meningkatkan kemungkinan kehamilan. Hal yang sama juga sebaiknya dilakukan oleh suami anda. Sekian, semoga membantu

0 Komentar

Belum ada komentar