Sukses

Diare dan Kembung Setelah Minum Susu Hamil
25 Aug 2016, 12:45 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamu'alaikum dokter... Saya mau bertanya dokter, saya lagi hamil dengan usia kandungan 5 minggu dok. Sebelumnya BAB saya lancar dan konstipasinya biasa saja dok. Tetapi kenapa semenjak saya konsumsi prenagen Mommy BAB saya konstipasinya menjadi encer yaa dok?? Dan perut saya terasa begah serta kembung dok? Mohon bimbingan nya yaa dokter, soalnya anak pertama ne dok. Takut banget...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi tanya dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah sebelumnya saat Anda mengonsumsi susu terdapat keluhan BAB encer, perut kembung dan terasa begah? 

Perlu Anda ketahui bahwa rasa kembung dan begah setelah minum susu dapat timbul akibat intoleransi laktosa, yaitu keadaan di mana tubuh tidak dapat menoleransi laktosa, gugus gula yang terkandung dalam susu dan berbagai produk berbahan dasar susu.

Rasa kembung yang timbul setelah minum susu atau mengonsumsi produk olahannya merupakan keluhan yang sering muncul dari penderita intoleransi laktosa. Selain itu, keluhan lain seperti; perut bergas, nyeri perut dan kembung juga sering terdengar. Gangguan ini banyak ditemukan pada orang Asia, Amerika Selatan, dan orang asli Amerika. Intoleransi laktosa biasanya diturunkan dari orangtua dan gejala mulai dirasakan sejak usia dewasa muda.

Tidak ada penanganan khusus untuk mengatasi keluhan ini. Jika Anda mengalami berbagai gejala di atas setelah minum susu, kurangi konsumsi susu dan bahan makanan berbahan dasar susu. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dulu dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda mengenai keluhan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar