Sukses

Akar Gigi Taring Menyatu Dengan Tulang

26 Aug 2016, 09:37 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat malam dok,saya ingin bertanya. ada satu gigi taring saya yg sulit digeser kebelakang, saat ini saya tengah melakukan perawatan orthodonti, padahal 3 gigi taring yg lainnya sudah bergeser, dokter yg menangani saya menduga jika gigi taring yg sulit digeser itu mengalami pengerasan saraf kalo saya tidak salah, nah yg ingin saya tanyakan kira" tindakn medis apa yg akan saya lalui jika benar itu terjadi? dokter bilang jika hal semacam itu memang benar terjadi maka ditanganinya oleh dokter ahli bedah mulut. terima kasih

Halo Ernawati,

Kami memahami keluhan yang anda alami. Untuk gigi taring yang sulit digeser apakah sudah dilakukan rontgen panoramic? Karena perlu diperhatikan adalah apakah di jalur pergeseran gigi taring terdapat hal yang menghambat pergeseran tersebut, apakah ada gigi yang terbenam(impacted)? Dan apakah ada blocking dengan gigi antagonisnya? Mungkin yang dimaksud oleh dokter anda adalah pengerasan pada akar gigi atau telah terjadi penyatuan antara akar gigi dan tulang rahang sehingga gigi tidak bisa digeser atau digerakkan. Keadaan seperti itu disebut hipersementosis. Gigi yang mengalami hipersementosis memang bisa ditangani oleh dokter spesialis bedah mulut. Saran kami bila memang terjadi hipersementosis, jika memungkinkan akan dilakukan pemotongan pada ujung akar gigi yang mengalami hipersementosis dengan prosedur bedah kecil dengan harapan setelah itu gigi taring dapat digeser. Namun jika hipercementosis meliputi keseluruhan akar gigi dan posisi gigi taring berada di luar lengkung yang tidak normal bisa dipertimbangkan untuk dilakukan pencabutan. Diskusikan kasus gigi anda dengan dokter gigi spesialis bedah mulut untuk mendapat gambaran atas tindakan yang dapat dilakukan.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar