Sukses

Cara Menyehatkan Sperma

25 Aug 2016, 18:45 WIB
Pria, 26 tahun.

dok mou tny obt apa ya buat mengentalkan dan menyehatkan sperma yg dijual diapotik?trima ksh

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Cairan sperma atau semen normal pada umumnya bewarna putih keabu-abuan. Warna dan konsistensi cairan ini sangat bervariasi. Faktor usia, makanan dan frekuensi ejakulasi merupakan beberapa faktor yang sangat berperan. Pada awal ejakulasi cairan semen tampak kental dan lengket, kekentalan ini akan berangsur-angsur menurun dan mencair dalam waktu 20 hingga 30 menit.

Faktanya adalah kekentalan cairan sperma tidak berhubungan dengan kualitas sperma yang terkandung di dalamnya. Kualitas dan kuantitas sperma hanya bisa ditelaah melalui pemeriksaan sperma analisis yang dilakukan oleh dokter spesialis andrologi. Hal-hal yang menentukan kualitas sperma adalah volume, morfologi (bentuk) sel sperma, konsentrasi, hingga motilitas (pergerakan) sperma.

Faktor lain yang berperan dalam dapat menurunkan kualitas sperma adalah asupan nutrisi yang kurang, stres, obesitas, efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi, paparan rokok dan asap rokok serta konsumsi pestisida atau oksidan lain dalam makanan. Saat ini tidak terdapat obat khusus yang ditujukan untuk menyehatkan sperma. Namun beberapa obat dijelaskan dapat memperbaiki kualitas sperma seperti Zink maupun madu. Selain itu, pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi seimbang dan menghindari faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya merupakan jalan terbaik untuk memperbaiki kualitas sperma.

0 Komentar

Belum ada komentar