Sukses

Alat Bantu Dengar untuk Penderita Tuna Rungu

25 Aug 2016, 10:48 WIB
Pria, 18 tahun.

adik saya sulit untuk bicara dia juga tuna rungu apakah jika saya belikan alat bantu dengar dia akan sembuh?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Gangguan bicara memang sering menyertai penderita tuna rungu. Penggunaan alat bantu dengar dapat membantu mengatasi gangguan pendengaran dan gangguan bicara tersebut, namun tetap harus disesuaikan terlebih dahulu dengan penyebab dan kondisi gangguan pendengaran pasien. Hal ini juga untuk menentukan jenis alat bantu dengar yang cocok. Selain menggunakan alat bantu dengar, fungsi pendengaran dapat dikembalikan dengan melakukan operasi implan koklea. Namun, kembali lagi perlu dilakukan pemeriksaan dahulu untuk menentukan apakah pasien tuna rungu dapat menjalani operasi dan masuk dalam kriteria yang dapat menjalani operasi.

Selain itu, untuk mengatasi gangguan bicara pada pasien tuna rungu dapat dilakukan rehabilitasi terapi wicara oleh dokter spesialis rehabilitasi medik. Fungsi bicara pada orang dengan tunarungu mungkin tidak akan sama dengan orang dengan pendengaran normal, namun dapat dimaksimalkan kemampuan bicaranya dengan terapi wicara.

Kami sarankan Anda untuk mengonsultasikan kondisi adik Anda ke dokter THT  agar dapat ditentukan rencana terapi yang sesuai dengan kondisi adik Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar