Sukses

Mengobati Abses Otak
24 Aug 2016, 21:45 WIB
Pria, 0 tahun.

Hallo dok,saya ingin bertanya bagaimana cara mengobati abses otak ? apakah ada selain injeksi ? soalnya saya kejang kejang trus dok,kepala saya sakit sekali tapi sudah di MRI gak ada aktifitasnya,mohon pennjelasanya dok,terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
?Kami memahami kekhawatiran Anda.

Abses otak merupakan kumpulan nanah dalam suatu ruang tertutup di jaringan otak, bisa disebabkan oleh infeksi bakteri maupun jamur. Abses otak juga bisa muncul akibat komplikasi dari infeksi, cedera kepala atau pembedahan. Infeksi ini biasanya terjadi melalui beberapa rute, yaitu:

  • Penyebaran dari lokasi yang dekat otak, seperti infeksi telinga tengah, infeksi sinus atau abses gigi.
  • Penyebaran infeksi melalui pembuluh darah tubuh ke otak.
  • Kuman yang menyebabkan infeksi memasuki otak melalui luka tembus pada kepala, seperti luka tembak atau akibat prosedur bedah saraf maupun trauma pada wajah.

Gejalanya bervariasi tergantung ukuran dan lokasi abses. Sebagian besar penderita mengalami nyeri kepala sebagai satu-satunya gejala. Nyerinya terbatas pada sisi otak yang mengalami abses dan semakin memburuk. Obat antinyeri pada umumnya tidak bisa mengurangi gejala ini. Sebagian orang juga mengalami demam yang tidak tinggi, mual/muntah, kaku leher, kejang, gangguan kepribadian, dan kelemahan otot pada satu sisi tubuh.

Pada kasus Anda, karena setelah MRI tidak ditemukan aktivitas, sepertinya memang kejang yang dialami berkaitan dengan abses otak yang ada.

Abses otak dapat berkembang sangat cepat dan terbentuk sempurna dalam waktu kurang lebih 2 minggu. Segera setelah diagnosis, biasanya dokter langsung memberikan pengobatan. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi gejala dan kerusakan otak yang berdampak jangka panjang terhadap kesehatan secara umum. Pembedahan untuk membersihkan abses juga kadang diperlukan.

Pengobatan abses otak umumnya menggunakan dua pendekatan:

  1. Pengobatan dengan antibiotik intravena (hingga 6 minggu atau lebih) 
  2. Membersihkan atau mengeluarkan abses melalui pembedahan bila lokasinya tidak sulit dan diameter >2,5 cm. 

Untuk memastikan pengobatan berhasil, akan dilakukan MRI atau CT scan ulang. Jika ada kejang dan sering berulang, dapat diberikan obat antikejang.

Abses otak merupakan infeksi yang serius sehingga harus ditangani menggunakan antibiotik injeksi. Antibiotik injeksi kadarnya lebih bertahan lama dalam darah dan "cepat sampai" di otak dibandingkan obat minum. Infeksi yang ada di otak harus dihilangkan secepat-cepatnya untuk meminimalisasi kerusakan.

Apabila kejang sangat mengganggu Anda, segera konsultasikan dengan dokter yang merawat Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar