Sukses

Bayi Miring-miring di Usia 1.5 Bulan
24 Aug 2016, 12:57 WIB
Pria, 25 tahun.

Asalamualaikum Saya mau tanya dok, anak saya baru berusia 3 bulan, sejak umur 1,5 bulan dia sudah aktif ingin tengkurap atau miring2 apakah itu normal dan tidak berbahaya karena saya pernah membaca artikel itu bila belum saat nya miring2 bisa dinamakan hiperaktif dan dampak nya bisa mengganggu konsentrasi belajarnya dimasa depan, benarkah begitu

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Proses  tumbuh kembang seseorang merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling terkait, yaitu  faktor genetik / keturunan, lingkungan bio-fisiko-psiko-sosial dan perilaku. Pertumbuhan dan perkembangan terutama berkaitan dengan status gizi, keseimbangan cairan serta dipengaruhi oleh pola hidup dan pola lingkungan. Proses ini bersifat individual dan unik sehingga memberikan hasil akhir yang berbeda dan ciri tersendiri pada setiap anak.

Berikut adalah beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh buah hati Anda pada tahun pertama kehidupannya.

  1. Sejak bulan pertama sang bayi akan menggerakkan kepalanya ke berbagai sisi. Selain itu, sang bayi juga dapat  menggenggam dengan erat. Mata bayi sudah dapat melihat sekitar tetapi tidak fokus.

  2. Pada bulan kedua sang bayi mulai senang bermain dengan jari dan mulai dapat tersenyum.

  3. Pada bulan ketiga, sang bayi mulai dapat menyentuh dan menangkap benda. Sang bayi juga dapat menggenggam benda dengan tangannya. Ocehan kecil juga mulai dikeluarkan sang bayi. Berilah bayi anda alat permainan yang mengeluarkan bunyi untuk merangsang indra pendengarannya.   

  4. Pada bulan keempat sang bayi mulai dapat mendorong lengan saat tengkurap, dan mulai dapat tertawa keras. 

  5. Pada bulan kelima, sang bayi suka berguling dari satu sisi ke sisi yang lain. Bayi juga sudah mulai mengenal wajah-wajah yang familiar, seperti ayah dan ibunya. 

  6. Pada bulan keenam, bayi senang berceloteh, dan tangannya semakin mahir dalam menggenggam benda-benda disekitarnya. 

  7. Bulan ke tujuh, sang bayi mulai belajar untuk merangkak. Sang bayi juga mulai dapat memberikan respon ekspresi dan emosi orang lain. 

  8. Bulan ke delapan, bayi mulai dapat duduk tanpa sokongan, bertepuk tangan, dan lebih responsif dalam interaksi dengan orang lain. 

  9. Bulan ke sembilan, bayi mulai mencoba merangkak, mencengkeram benda dan kadang bisa merasa gelisah jika berada di tengah orang asing. Ajarilah anak untuk menyebut perkataan yang mudah seperti ‘mama’ dan ‘papa’ untuk merangsang kemahirannya bercakap. 

  10. Bulan ke sepuluh, bayi mulai dapat berdiri, menyusun dan mengatur mainan. Bayi juga mulai dapat melambaikan tangan. Bayi juga mulai mengerti hubungan sebab akibat seperti, “Jika aku menangis, maka ibu akan datang”. 

  11. Bulan ke sebelas, sang bayi mulai dapat berjalan dengan bantuan benda disekitarnya. Bayi juga sudah dapat mengucapkan kata ‘papa’, ‘mama’. 

  12. Bulan ke dua belas, bayi sudah dapat berdiri tanpa berpegangan, sudah dapat mengucapkan dua-tiga kata, dan menirukan beberapa gerakan yang sering Anda lakukan.

Mengenai bayi Anda yang sudah bisa tidur miring dan mengangkat kepala, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Yang perlu Anda perhatikan adalah posisi tidur anak jangan sampai menghambat atau menutupi jalan nafasnya.

Itulah beberapa perkembangan bayi yang dapat terjadi selama tahun pertama kehidupannya. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda tentang perkembangan sang buah hati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar