Sukses

Batuk Lebih Dari Dua Bulan
23 Aug 2016, 18:53 WIB
Pria, 26 tahun.

Pagi dok. Sya mau tanya. Blakangan ini sya keseringan batuk2 sudah hampir 2 bulan blm jg sembuh. Suda keliling berobat tp gk ada perubahan sama skali. Sya jg rentan masuk angin dok. Jika sudah kena angin malam batuk sya semakin parah. Berat badan sya jg turun drastis dok. Apakah penyakit sya mempengaruhi berat badan sya dok. Bagaimana agar sya gak rentan masuk angin sama batuk2 lagi. Terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Batuk yang dialami lebih dari dua bulan dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya tuberkulosis/ flek paru / TBC, alergi, atau bronkitis.

Gejala tuberkulosis adalah batuk berdahak lebih dari 2 minggu, penurunan berat badan, tubuh menjadi lebih lemas, dan adanya keringat malam. Sementara itu, alergi juga dapat mengakibatkan batuk yang tak kunjung sembuh, selama Anda masih terpapar oleh faktor pencetus alerginya. Umumnya orang yang mengalami batuk alergi juga memiliki riwayat alergi lain, atau riwayat alergi dalam keluarga. 

Sementara itu, bronkitis umumnya terjadi pada orang yang sering terpapar oleh polusi, misalnya rokok atau asap kendaraan bermotor. Batuknya kadang berdahak, kadang bisa ada sedikit sesak napas, yang kemudian akan berkurang setelah batuk.

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, kami sarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter penyakit dalam untuk diperiksa. Dokter akan melakukan pemeriksaan rontgen dada, pemeriksaan darah, atau dahak untuk mencari penyebabnya.

Semoga Anda cepat sembuh.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar