Sukses

Mengganti Susu Saat Hamil
22 Aug 2016, 16:44 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok saya mau tanya saya hamil 1 bulan, saya tidak muntah saya minum prenagen emesis tapi mau ganti ke prenagen momy apa bisaa?? atau harus nunggu hamil sudah besar??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi tanya dokter di Klikdokter.com 

Pertama-tama kami ucapkan selamat atas kehamilan pertama Anda. Semoga Anda dan janin yang dikandung senantiasa dalam keadaan sehat. Terkait dengan pertanyaan Anda, tidak ada masalah jika Anda ingin mengganti jenis susu dengan tipe yang lain. Produk yang Anda kemukakan memang nutrisinya diperuntukkan untuk ibu hamil. 

Untuk menjaga agar kehamilan berjalan dengan lancar maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pemeriksaan Kehamilan (Antenatal Care)

Pemeriksaan kehamilan (antenatal care) sejatinya direkomendasikan untuk dilakukan minimal 4 kali, yaitu :

Semakin dekat dengan waktu kelahiran semakin sering seorang ibu harus mengikuti memeriksakan diri ke Dokter, dan frekuensi ini dapat ditambah apabila terdapat komplikasi atau gangguan di masa kehamilan.

Frekuensi pemeriksaan kehamilan ini diatur sedemikian rupa untuk mengetahui beberapa hal sebagai berikut :

  • memantau kondisi ibu
  • memantau kondisi janin, termasuk posisi, detak jantung dan adanya kelainan fisik 
  • memperkirakan cara persalinan agar tenaga kesehatan dapat terus memantau kondisi kandungan ibu.

Pemeriksaan kehamilan juga sangat bermanfaat untuk edukasi ibu hamil, karena tenaga kesehatan akan memberikan informasi dan kiat menjaga kehamilan serta kebutuhan vaksinasi. Rangkaian pemeriksaan dan persiapan kelahiran ini dilakukan semata-mata untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

2. Asupan Gizi

Wanita hamil harus benar-benar memperhatikan setiap jenis makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan gizinya tercukupi dengan baik dan menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan masalah pada janin. Penting untuk diingat bahwa setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin.

Pemberian suplemen seperti vitamin dan susu ibu hamil adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan ibu dan perkembangan janin. Pada prinsipnya adalah Anda perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Cara terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Suplemen yang diperlukan dapat diperoleh dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil berdasarkan usia kehamilan adalah : 

  • Untuk trimester pertama, Anda perlu asupan asam folat yang cukup untuk perkembangan saraf janin. Asam folat dapat mengurangi risiko memiliki bayi dengan defek pada otak dan sumsung tulang belakangnya, disebut neural tube. Defek neural tube yang paling umum adalah spina bifida yaitu keadaan dimana tulang belakangnya tidak tertutup. Risiko dari spina bifida adalah kelumpuhan, inkontinensia, dan kadang retardasi mental. Asam folat , zat vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau, sereal, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari.

  • Untuk trimester kedua dan ketiga, Anda perlu asupan Calcium dan Ferrum (zat besi) yang cukup. Banyak terkandung dalam daging, ikan, telur, produk whole-grain, dan sayur mayor.Suplementasi kalsium dapat mencegah kehilangan densitas tulang ibu hamil karena janin menggunakan kalsium tersebut untuk pertumbuhan tulangnya sendiri. Sedangkan suplementasi zat besi diperlukan untuk ibu dan janinnya dalam fungsinya membawa oksigen dalam darah oleh sel darah merah. Dosis kalsium yang dianjurkan adalah 200 - 300 mg sehari, dan zat besi 30 mg.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar