Sukses

Sulit Hamil Setelah Operasi Moima Uteri
22 Aug 2016, 10:07 WIB
Wanita, 29 tahun.

Saya mau tanya dokter Saya udah menikah selama hampir dua tahun Setelah 3 bulan kami menikah kami datang Untuk periksa kandungan dan ternyata 2 x kami control ke dokter kandungan Ternyata saya di vonis menderita penyakit Myoma uteri dan setelah itu saya d haruskn akan Untuk operasi. Nah, setelah 1 tahun 6 bulan saya Operasi Kami berencana untuk program kehamilan Lalu dokter memberi resep penyubur buat saya. Tapi nyatanya belum berhasil juga. Yang mau Saya tanyakan dokter adalah apakan ada Kaitannya operasi saya tersebut jadi membuat saya Setelah lama baru bisa hamil atau karena Ada efek lain. Misalnya,terlalu capek atau apalah itu Padahal, saya udah konsumsi prenagen esensial Mulai sejak menikah sampe sekarang tapi Belum ada hasilnya juga? Mohon jawabannya Dokter trims kasih.

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e- konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Operasi pengangkatan mioma uteri justru merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesuburan, karena mioma uteri itu lah yang dapat menghambat keberhasilan kehamilan Anda. Berdasarkan data, sebanyak 27% gangguan kesuburan pada wanira disebabkan oleh mioma. Mioma tersebut muncul pada 20% wanita usia reproduksi (usia subur) dan biasanya ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaaan rutin.  Leiomioma yang tidak bergejala  terjadi sebanyak 40-50% pada wanita usia > 35 tahun. Pada umumnya unilateral (satu) atau kadang-kadang multipel (> 1).

JAdi operasi seharusnya tidak menyebabkan Anda sulit hamil, justru membantu keberhasilan program kehamilan Anda. Anda tidak perlu cemas, menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Bagaimana dengan pola hubungan Anda dan suami selama ini? Untuk meningkatkan peluang kehamilan, hubungan seksual juga sebaiknya dilakukan mendekati dan saat masa subur. Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, baca juga : Cara Menentukan Masa Subur Wanita

Apabila telah memenuhi kriteria infertilitas primer di atas, maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebabnya, baik dari pihak suami maupun istri. Jika Anda sudah menjalankan pemeriksaan USG rahim, terdapat pemeriksaan lain seperti HSG ataupun kadar hormon. Namun tentunya kedua jenis hormon tersebut dilakukan jika diperlukan dan jika dicurigai adanya kelainan yang mengarah kesana. Selain Anda, suami Anda juga perlu menjalani beberapa pemeriksaan seperti anatomi organ reproduksi dan analisis sperma. Pemeriksaan analisis sperma dapat menjadi acuan informasi mengenai kesehatan sperma. Selain beragam pemeriksaan untuk mengetahui kesehatan organ reproduksi Anda dan suami, tentunya yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Apa yang Anda lakukan sudah benar, mengkonsumsi berbagai vitamin dan susu untuk mempersiapkan kehamilan adalah sesuatu yang sangat baik untuk dilakukan.

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan sang buah hati segera hadir ya. (DMI)

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar