Sukses

Bisakah Vitiligo Sembuh Total?

17 Aug 2016, 12:20 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, saya menderita penyakit vitiligo sejak 2013, dan rutin berobat 1 kali 2 bulan sampai sekarang, bercak putih itu seluas kurang dari uang logam sratus, obat yg d beri oleh dokter Sp,kk itu obat oles dan multifitamin, dan sekarang dilihat secara sekilas warna kulit itu hampir sama dngan kulit normal lainya, tetapi jika saya tidak memakai obatnya lebih dari semingu warnanya agak beransur putih kembali dan pertanyan saya; Apa bisa penyakit vitiligo ini disembuhkan sampai hilang total tampa harus berobat lagi? dan apa alternatif yg terbaik untuk mempercepat penyembuhan kulit ini menurut dokter? terimakasih mohon bantuanya Dok..

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Vitiligo, suatu kondisi terganggunya pigmentasi kulit karena melanosit (sel pembentuk pigmen) di area tersebut hancur atau rusak. Bentuk klinis dari kondisi ini adalah bercak putih pada area yang terkena.

Hingga kini, faktor penyebab vitiligo masih belum diketahui dengan pasti. Genetik dan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh ditengarai berperan. Faktor pemicu timbulnya bercak putih ini adalah paparan sinar matahari dan atau stres.

Tata laksana vitiligo ditujukan pada fungsi kosmetik. Terapi harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pilihan terapi diberikan sesuai dengan jumlah, lokasi ukuran dan penyebaran bercak putih pada tubuh.

Adapun golongan jenis terapi yang saat ini direkomendasikan para ahli adalah :

  • Terapi topikal (oles)

    • Steroid topikal

    • Psoralen (fotokemoterapi)

    • Tabir surya

  • Operasi

  • Terapi tambahan lainnya

Tujuan utama terapi vitiligo adalah memperbaiki penampilan. Umumnya pengobatan merupakan pengobatan jangka panjang dan harus rutin. Jenis terapi akan tergantung dari banyaknya bercak putih di tubuh, lokasi, ukuran, dan seberapa luas penyebarannya. Masing-masing individu berespon berbeda terhadap terapi yang dilakukan. Jika area vitiligo kecil, dan rambut pada lesi tersebut masih berwarna hitam, kemungkinan penyakit ini dapat disembuhkan. Walaupun ada kemungkinan untuk timbul kembali.

Jenis terapi untuk vitiligo adalah medikal (obat), operasi, dan terapi tambahan.

Jenis terapi medikamentosa adalah terapi topikal (dioleskan) diantaranya adalah steroid topikal dan psoralen (fotokemoterapi). Selain itu, sebaiknya selalu memakai tabir surya untuk melindungi kulit tersebut. Vitiligo merupakan penyakit yang melibatkan multidisiplin ilmu.

Memang pengobatan vitiligo membutuhkan kesabaran dan berlangsung lama. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk tetap melakukan kontrol rutin dengan dokter spesialis kulit dan kelamin yang menangani Anda agar dapat dilakukan evaluasi hasil pengobatan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar