Sukses

Berbagai penyebab hidung tersumbat

15 Aug 2016, 18:05 WIB
Pria, 46 tahun.

begini dok. baru2 ini idung saya seperti ada yang menyumbat (padahal saya gak pilek/batuk). jadi kalo narik nafas tuh agak berat gitu dok. tapi kalo nafas pake mulut ringan,beda sama pake hidung. kira2 idung saya kenapa ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Hidung tersumbat terjadi akibat adanya penyempitan pada saluran hidung. Hidung tersumbat dapat terjadi satu sisi maupun dua sisi. Pada dasarnya hidung tersumbat dapat disebabkan oleh banyak hal seperti pilek, pembesaran konka hidung karena alergi, polip pada hidung, sekat hidung yang miring, obat-obatan tertentu, adanya pertumbuhan daging di sekitar hidung, dll. Jadi, sebenarnya bisa saja hal itu bukan disebabkan oleh pilek. Nah, untuk membedakannya, diperlukan pemeriksaan rongga hidung oleh dokter, terutama dokter spesialis THT. Dokter akan melihat, apa kemungkinan penyebab hidung tersumbat yang anda alami. Jika penyebab sudah diketahui barulah dokter dapat memberikan penangana yang tepat. Untuk sementara, anda dapat mengurangi hidung tersumbat dengan minum air hangat, bernafas dengan udara bersih (hindari AC sementara), serta menghindari pemicu alergi (jika anda memiliki alergi). 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar