Sukses

Gangguan Perkembangan Anak 14 Bulan
12 Aug 2016, 20:35 WIB
Pria, 1 tahun.

dok, anak saya usia 1.4 bulan belum bisa tegak kakinya bila diberdirirkan, belum bisa di titah. baru fase merayap dengan perut, sudah cepat merayapnya. kalau makan juga sering muntah belum bisa menelan dan mengunyah dengan baik, mp asi masih menggunakan yg lembek berupa bubur biasa,klo dberi bubur tim masih sering muntah.sudah bisa makan biskuit sendiri.bisa menelan puding. apakah anak saya normal dok? kalau tidak, bagaimana cara mengatasi masalah anak saya?trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Pada usia mencapai 12-14 bulan, biasanya anak tengah mempelajari hal-hal sebagai berikut:

  • Mengangkat badan ke posisi berdiri dan belajar berdiri atau berpegangan di kursi.
  • Belajar berjalan dengan dituntun.
  • Belajar menggenggam benda, mengulurkan lengan/badan untuk meraih mainan yang diinginkan, memasukkan benda yang digenggam ke mulut.
  • Mengulang dan meniru bunyi yang didengar, menyebut 2-3 suku kata yang sama tanpa arti (misal: ma-ma, ta-ta).
  • Bereaksi terhadap suara.
  • Serba ingin tahu, ingin menyentuh apa saja, senang diajak bermain.
  • Mengenal anggota keluarga dan takut pada orang yang belum dikenal.

Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh nutrisi dan stimulasi. Bagaimana dengan anak Anda, apakah ia telah mendapatkan stimulasi dan bimbingan yang cukup dari keluarga? Bagaimana dengan asupan nutrisinya? 

Untuk mencapai perkembangan tersebut memang diperlukan stimulasi yang cukup. Apakah selama ini Anda telah mencoba untuk melatih/memberikan stimulasi pada anak Anda? Contoh, untuk menstimulasi anak untuk mau belajar berjalan, bantu anak agar mau berjalan beberapa langkah tanpa berpegangan. Buat permainan seperti meminta anak berjalan ke pelukan Anda untuk mendapatkan dekapan atau mainan yang disukainya. Beri pujian bila anak mau berjalan beberapa langkah. Bila anak belum siap berjalan, tunggu beberapa hari dan coba lagi.

Anda dapat mebaca rubrik Tumbuh Kembang Anak yang kami miliki. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk panduan memberikan stimulasi pada anak.

Perkembangan Anak Balita

Stimulasi Perkembangan Anak

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar