Sukses

Anak Sering Tersedak Saat Tidur
11 Aug 2016, 16:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok . saya mau tanya. Anak saya ini kalai tidur kadang tersedak . dan susu bya nesti keluar dari hidung sedikit . itu kenapa yah dok ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Bagaimana dengan posisi tidur anak Anda? Apakah sehabis menyusui, Anda rutin menyendawakan anak? 

Posisi tidur terlentang dengan wajah menghadap keatas memang kerap kali membuat seseorang tersedak. Hal ini terjadi ketika tidur, air liur tetap diproduksi dan turun ke kerongkongan, dan saat terakumulasi bisa menstimulai reseptor saraf sehingga timbul refleks tersedak. Terutama bagi anak yang belum sempurna organ-organnya.

Coba posisikan tidur dengan posisi tidur miring. Ini merupakan posisi tidur yang paling umum. Sekitar 57% manusia memulai tidur dengan posisi ini. Jadi jika anak tersedak, alir liur bisa mengalir keluar. 

Namun, jika keluhan ini menetap dan tidak ada perbaikan setelah perubahan posisi tidur, sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda kepada dokter untuk mencari adanya kemungkinan penyebab kelainan anatomi atau kelainan fungsi pada mulut dan tenggorokan yang menjadi dasar penyebab keluhan Anda tersebut. Jangan lupa untuk menyendawakan bayi Anda setelah menyusui.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar