Sukses

Rinitis Alegi Kah?

11 Aug 2016, 08:48 WIB
Wanita, 31 tahun.

siang dok, maaf mau tanya anak saya umur 5 tahun kalau pagi2 bangun tidur dia selalu bersin2 apakah itu alergi? bagaimana penanganannya? kemudian kalau dia terlalu aktif bergerak seperti lari2 atau nangis selalu muntah,, kenapa ya dok? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan terhadap anak Anda. Dari yang Anda ceritakan, sepertinya anak Anda mengalami yang disebut dengan Rinitis Alergi.

Penyebab rinitis alergi adalah alergen (zat pencetus alergi) inhalan yaitu alergen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup atau melalui saluran napas. Alergen yang paling sering ditemukan pada rinitis alergi di Indonesia atau negara tropis pada umumnya adalah tungau debu rumah, bulu binatang, dan kecoak. Alergen makanan sangat jarang menjadi pencetus rinitis alergi.

Penentuan alergen penyebab rinitis alergi dapat dilakukan melalui riwayat penyakit anak dan dapat didukung dengan tes alergi baik melalui darah atau pun tes kulit. Hal yang harus diperhatikan selain alergen adalah masalah polutan seperti asap rokok yang dapat merusak saluran napas. Polutan dapat memperberat penyakit alergi di saluran napas seperti asma dan rinitis alergi. 

Gejala dan tanda rinitis alergi:

  • Rasa gatal di hidung dan mata
  • Bersin berulang-ulang
  • Cairan hidung (ingus) encer
  • Hidung tersumbat
  • Bernapas melalui mulut

Hidung tersumbat dapat terjadi secara bilateral, unilateral atau bergantian. Gejala bernapas melalui mulut sering terjadi pada malam hari yang dapat menimbulkan gejala tenggorokan kering, mengorok, gangguan tidur, serta gejala kelelahan pada siang hari. Gejala lain dapat berupa suara sengau, gangguan penciuman dan pengecapan, serta gejala sinusitis. Gejala kombinasi bersin, ingusan, serta hidung tersumbat adalah gejala yang paling dirasakan mengganggu dan menjengkelkan.

Untuk penanganannya dapat Anda baca dengan lengkap di sini https://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/alergi-anak/rhinitis-alergi-asma/bagaimana-penanganan-rhinitis-alergi-pada-anak

Untuk penanganan yang menyeluruh, Anda sebaiknya datang ke dokter THT yang mendalami alergi atau dokter anak bagian alergi imunologi.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar