Sukses

Bagaimana agar Cepat Hamil
09 Aug 2016, 15:27 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat siang dok, sy izza usia 24 tahun dan baru sebulan yg lalu menikah. di hari pernikahan sya sedang masa menstruasi dn ingin segera hamil, sya sudah menghitung masa subur dn melakukan hub suami istri. selang beberapa minggu sya merasakan gejala hamil tapi ketika test pack hasilnya negative. dn sekarang mulai keluar flek tanda tanda saya akan menstruasi lgi. mohon sarannya dok agar dibulan ini saya bisa berhasil hamil dan ingin minta rekomendasi dokter kandungan di jogjakarta. terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Pada prinsipnya, status kondisi tubuh calon ibu dan ayah jelas mempengaruhi proses memperoleh keturunan. Jadi, dari sekian banyak persiapan kehamilan yang dapat dilakukan, mempersiapkan kesehatan tubuh calon ayah dan calon ibu sangat penting untuk diprioritaskan. 

Untuk itu mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik. Berikut ini adalah 6 cara mempercepat kehamilan bagi Anda yang merencanakan kehamilan:

  1. Lakukan medical check up sebelum merencanakan kehamilan Sebelum Anda merencanakan kehamilan, dianjurkan agar Anda terlebih dahulu berkonsultasi dan melakukan medical check-up. Tanyakan kepada dokter vitamin apa saja yang sebaiknya dikonsumsi, misalnya: asam folat yang berguna untuk mencegah kelainan bawaan seperti spina bifida (kelainan saraf tulang belakang).

  2. Pahami siklus menstruasi Anda. Dengan mengetahui siklus menstruasi, maka Anda juga akan dapat mengetahui periode ovulasi Anda. Pada periode ovulasi inilah, dianjurkan agar Anda dapat memfokuskan untuk hubungan seksual. Cara menghitung masa subur adalah, jika siklus menstruasi Anda normal yakni 21-35 hari, maka cara perhitungan masa suburnya adalah 14 hari sebelum haid Anda berikutnya (plus minus 2 hari). Selain itu, wanita yang sedang mengalami ovulasi seringkali mengalami gejala-gejala berikut: perubahan pada lendir serviks (menjadi lebih licin dan basah) atau seringkali mengalami nyeri pada perut. 

  3. Berbaringlah setelah selesai melakukan hubungan seksual. Setelah melakukan hubungan seksual, Anda dianjurkan agar berbaring di tempat tidur selama 10-15 menit dan tidak perlu dengan mengangkat kaki lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar sperma dapat dengan mudah masuk dan tetap berada di dalam serviks. Namun demikian lagi-lagi, kesulitan untuk hamil bukan semata-mata masalah wanita. Untuk terjadinya kehamilan diperlukankesuburan yang baik antara wanita maupun pria. Untuk itu, kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Status kesehatan sperma juga mengambil peran penting disini. Seperti diantaranya gaya hidup, pola makan dan usia.

  4. Abaikan mitos tentang posisi seks yang baik agar cepat hamil. Tidak ada suatu penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa posisi seks tertentu (misal: posisi misionaris atau woman on top) dapat memaksimalkan potensi Anda untuk cepat hamil. Sedangkan posisi tertentu yang melawan gravitasi seperti posisi duduk atau berdiri akan menyulitkan sperma untuk masuk ke dalam serviks.

  5. Anda tidak perlu melakukan hubungan seksual setiap hari. Para ahli menganjurkan agar sebaiknya Anda berhubungan seks dengan rutin, baik saat masa ovulasi maupun tidak. Sperma sendiri dapat hidup selama 72 jam setelah berhubungan seksual.

    Para pria dianjurkan agar menghindari mengenakan pakaian dalam atau celana yang ketat karena dapat memperburuk kualitas sperma. Sama halnya dengan berendam di air panas, sauna ataupun sering duduk di atas mesin motor. 

    Namun yang jelas, semakin sering frekuensi hubungan seksual tanpa kontrasepsi, jelas semakin meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Namun demikian, bukan berarti Anda dan pasangan harus meningkatkan frekuensi hubungan seksual, karena terlalu sering berhubungan seksual juga memiliki dampak pada kesehatan tersendiri. Kesulitan untuk hamil bukan semata-mata masalah wanita. Untuk terjadinya kehamilan diperlukan kesuburan yang baik pada wanita maupun pria. Untuk itu, kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Kesuburan pria sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti salah satunya berat badan.
  6. Hindari stres & hidup sehat. Dengan menjalani pola hidup sehat dan menghindari stres, maka kesempatan Anda untuk hamil juga semakin besar. Psikis sangat mempengaruhi kualitas hubungan Anda dengan suami.

Mohon maaf untuk menjaga etika dokter, kami tidak dapat memberikan rekomendasi dokter kepada Anda, namun Anda dapat memilih dokter yang Anda rasa cocok dan nyaman untuk anda ajak berkonsultasi, pertimbangannya bervariasi pada setiap pasangan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar