Sukses

Infeksi dan Abses Sebabkan Gigi Goyang
08 Agu 2016, 00:06 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat pagi klikdokter.com Di gusi atas bagian luar suka bengkak dan ada nanah yg menggumpal. awalnya gigi saya bolong lalu ditambal. karna saya merasa sakit dan gusi terus membengkak, tambalan itu dibongkar kembali. apakah pembengkakan ini bisa berbahaya? dan apa semestinya gigi saya harus dicabut? terimakasih

Halo Fitri,

Kami memahami keluhan yang anda alami. Apabila setelah penambalan gigi malah terasa sakit dan gusi membengkak, maka harus segera dibongkar kembali. Hal ini menunjukkan bahwa infeksi gigi telah menjalar ke tempat saraf gigi. Pada tahap ini bakteri yang masuk ke tempat saraf gigi menghasilkan gas sehingga membuat gusi menjadi bengkak sampai menimbulkan rasa sakit, yang kemudian menyebabkan terjadinya abses pada ujung akar dan membesar hingga permukaan gusi. Kadang pembengkakan disertai bintik putih pada gusi yang disebut fistula. Pembengkakan pada gusi akibat infeksi gigi sangat berbahaya karena dapat merusak jaringan tulang disekitar gigi. Semakin lama didiamkan, jaringan tulang yang rusak semakin meluas bahkan dapat menjalar ke bagian lain disekitarnya dan menyebabkan gigi goyang.

Perawatan yang bisa dilakukan dalam keadaan ini adalah dengan melakukan perawatan saraf gigi dan drainase yaitu pembuangan nanah(abses) bila ada. Kemudian rencanakan untuk pembuatan jenis restorasi akhir yang anda butuhkan dengan dokter gigi anda. Namun apabila keadaan akar gigi sudah terlalu rusak dan goyang, yang dilihat dengan rontgen panoramic maka perlu dilakukan pencabutan untuk menyelamatkan gigi-gigi disebelahnya agar tidak terkena infeksi. Dengan catatan pembengkakan harus sudah hilang dan tidak ada rasa sakit.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter klikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar