Sukses

Bengkak pada bibir vagina

07 Aug 2016, 09:24 WIB
Wanita, 18 tahun.

Awalnya aku mengalami gatal-gatal didaerah kewanitaan sudah sekitar 2 bulan. Terus dalam 4 hari ini bibir vagina sebelah kanan mengalami bengkak. Pada hari pertama itu gak menimbulkan rasa apapun, tapi makin kesini makin sakit dan aku susah untuk jalan normal. Itu gimana dok? bahayakah? Minta solusinya dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya bengkak pada bibir vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti pembengkakan kelenjar di sekitar vagina, alergi, gigitan serangga, benturan, dll. Namun demikian, penyebab tersering bengkak pada bibir vagina yang menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, dan terasa hangat adalah penyumbatan kelenjar yang terdapat di sekitar vagina. Penyumbatan tersebut dapat memicu timbulnya infeksi sehingga dapat menimbulkan gejala peradangan pada bibir kemaluan. Untuk memastikan hal ini, sebaiknya anda berobat ke dokter spesialis obgin. Dokter akan memeriksa apakah benar terjadi penyumbatan kelenjar di sekitar vagina ataukah ada kemungkinan penyebab lain. Jika penyebabnya sudah diketahui, dokter akan memberikan penanganan yang tepat. Untuk sementara, anda dapat menggunakan kompres dingin pada daerah bibir vagina yang mengalami pembengkakan tersebut untuk mengurangi rasa nyeri. Hal lain yang perlu anda lakukan adalah menjaga kebersihan daerah kewanitaan anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar