Sukses

Merencanakan Kehamilan Setelah Menikah
07 Aug 2016, 05:46 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok saya sdh 3 bln mnikah,tp blm dikaruniakan anak, 2 bln yg lalu saya mengalami perubahan siklus jdi tdk teratur..1 bln ni alhamdulillah siklus haid saya mulai normal,upaya yg sdh saya lakukan selain perbanyak ibadah makan jg saya prioritaskan spt ikan,dagingsayuran dan buah buahan, suplemen vit e,susu prenagen esensis serta madu penyubur kandung jg rutin dok saya konsumsi..saya harap dokter bisa memberikan solusi bt perencanaan kehamilan saya dan suami

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Pertama-tama kami mengucapkan selamat atas pernikahan Anda.

Memiliki buah hati merupakan impian dari setiap pasangan suami istri. Beberapa pasangan langsung mengiginkan dan tidak menunda kehamilan. Untuk itu mereka segera melakukan program perencanaan kehamilan Namun tahu kah Anda, jika ingin merencanakan kehamilan pastikan kondisi kesehatan reproduksi keduanya dalam keadaan normal. Selain itu mengonsumsi makanan yang sesuai dapat membantu Anda menjalani program kehamilan tersebut.

Berikut yang dapat Anda lakukan jika sedang merencanakan kehamilan:

  1. Periksakan kesuburan Anda kepada dokter ahli untuk menentukan apakah kondisi status reproduksi Anda dan pasangan dalam keadaan baik.
  2. Mengetahui masa subur, cara menghitung masa subur adalah, jika siklus menstruasi normal Anda adalah 21-28 hari, maka cara perhitungan masa suburnya adalah 14 hari sebelum haid Anda berikutnya (plus minus 2 hari). Selain itu, wanita yang sedang mengalami ovulasi seringkali mengalami gejala-gejala seperti perubahan pada lendir serviks (menjadi lebih licin dan basah) atau seringkali mengalami nyeri pada perut.
  3. Rutin melakukan hubungan intim dengan pasangan, lakukanlah hubungan 2-3 hari sekali.
  4. Makanlah makanan-makanan bergizi tinggi yang baik untuk memperbaiki kwalitas sel telur dan sperma, seperti konsumsi sayur dan buah secara teratur. Semua jenis sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk perkembangan sperma dan sel telur. Makanlah makanan yang menjadi sumber protein, protein dipercaya mampu memberikan kekuatan pada sel sperma maupun sel telur. Konsumsi vitamin asam folat untuk istri, vitamin ini dapat membantu menjaga kualitas sel telur, atau konsumsi zink untuk suami, zink dapat meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih bertenaga.
  5. Rutin berolah raga.
  6. Hindari stress berlebihan.
  7. Nikmati hubungan intim bersama pasangan. Lakukan hubungan dengan tujuan mendapatkan kepuasan seksual dari pasangan. Hindari tujuan berhubungan hanya semata-mata mengharapkan keturunan, keadaan tersebut dapat menyebabkan stress dan dapat menghambat kehamilan.
  8. Stop merokok, baik bagi suami maupun istri rokok merupakan musuh utama. Merokok dapat menurunkan kualitas sperma seseorang bahkan menyebabkan kemandulan. Dan jika asap rokok masuk kedalam tubuh ibu maka akan merusak sel telur dan dinding rahim.

Jika Anda telah menikah lebih dari satu tahun dan telah rutin melakukan hubungan intim namun belum belum terjadi kehamilan, maka segeralah konsultasikan kepada dokter ahli.

Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat memberikan manfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar