Sukses

Bayi 1,5 bulan batuk pilek dan feses hijau
07 Aug 2016, 18:15 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, sy mau tny... anak sy usia 1m25d batuk pilek disertai dahak... bersin sampek keluar, maap, ingus nya kental ijo gt. Kalo batuk kasian, dahaknya itu. Suaranya jg sampek gag ada. Bobok jg sampek ngokk ngokk gt dok. Nah sy sudah ke dsa, katanya alergi. Disuruh ganti susu... pernah sy uap, tp ini msh tteup aja, malah kyk tambah parah. Terus BAB nya ijo agak cair dan bau. Tidak seperti biasanya. Sblmnya fasesnya kuning agak padat dan baunya biasa aja. Kulitnya bagian pipi dan telinga agak kasar, dan mulai turun kebagian leher, dada dan perut. Solusinya gimana Dok? Maap kepanjangan... mohon jawabannya ya Dok. Terimakasih...

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Anak kecil memang memiliki daya tahan tubuh yang relatif lemah, oleh karena itu lebih mudah terserang pernyakit bila dibandingkan dengan orang dewasa. Hingga usia 1 tahun, anak bisa sakit 8-12 kali pertahun. Selanjutnya, anak sakit rata-rata 6-8 kali.

Batuk dan pilek pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi. Untuk menentukan penyebab batuk pilek pada anak anda, perlu diketahui sejak kapan batuk pilek mulai terjadi, apakah ada pemicunya, apakah ada waktu tertentu kemunculan batuk pileknya, seperti hanya pada pagi hari misalnya. Selain itu, diperlukan pula pemeriksaan fisik terhadap anak Anda.

Menghirup uap panas juga banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek sehingga terasa lebih nyaman, namun pemberian uap ini tidak serta merta akan menghilangkan batuk pilek, karena tujuan utamanya adalah mengurangi alergi dan melegakan napas. Penyebab dari alergi atau batuk pilek dari anak anda sendiri tentunya perlu diatasi.. Anda juga dapat mengoleskn minyak kayu putih atau minyak telon pada dada bayi Anda sehingga bayi terasa lebih nyaman dan hangat. Jika terdapat dahak, yang paling dibutuhkan adalah cairan (ASI) untuk mengencerkan dahak.

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, atau jika batuk kering bayi Anda tidak juga kunjung sembuh maka segeralah menghubungi dokter anak, mungkin telah terjad infeksi bakteri dan diperlukan pengobatan antibiotik. Berapa berat badan bayi Anda? Obat untuk bayi dan anak-anak harus selalu disesuaikan dengan berat badan. Mengenai obat pilek mohon maaf kami tidak dapat menyebutkannya di forum ini oleh karena itu kami sarankan apabila pilek pada bayi Anda belum sembuh maka lakukan pemeriksaan ke dokter, agar dapat disesuaikan dosis obat dengan gejala dan juga berat badan bayi. 

Menjawab pertanyaan Anda mengenai BAB anak anda yang berwarna hijau, pada bayi perubahan warna feses menjadi hijau masih dapat dikatakan sebagai suatu perubahan yang normal, selama tidak disertai oleh keluhan-keluhan lain, seperti nafsu makan menurun, terdapat darah pada BAB, muntah, bayi lebih rewel, berat badan menurun, dan lain sebagainya. Selain itu feses bayi memang umumnya tidak berbentuk, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari.

Feses yang berubah menjadi hijau dapat terjadi karena bayi Anda hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak. Lemak biasanya didapatkan oleh bayi dari ASI. Namun bukan berarti semua ASI yang diberikan pasti tinggi lemak. Dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilk) dan ASI belakang (hindmilk).

Saat bayi menyusu, ia akan selalu menghisap ASI depan terlebih dahulu. ASI depan (foremilk) memiliki banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sementara ASI belakang (hindmilk) mengandung banyak lemak. Pada bayi yang diberikan ASI eksklusif, feses yang keluar akan didominasi warna kuning/golden feces, dan warna tersebut normal. Warna kuning ini berasal dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu.

Pada anak yang diberikan makanan lain selain ASI, seperti bayi Anda, menyebabkan terjadinya perubahan pada proses pencernaan dan akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga menyebabkan terbentuknya gas yang terlalu banyak sehingga bayi sering kentut dan merasa tidak nyaman. Ketidakcocokan bayi terhadap susu yang anda gunakan dapat menjadi penyebab BAB bayi Anda berwarna hijau. Namun, belum dapat dipastikan apakah bayi anda alergi terhadap susu sapi (yang merupakan bahan dari susu formula) atau hanya ketidakcocokan pada kandungan susu formula merek yang anda gunakan.

Kami menyarankan agar anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak untuk menangani batuk pilek pada anak anda serta perubahan warna BABnya, terutama bila batuk-pilek terjadi terus menerus dan bayi anda mulai merasa sesak. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar