Sukses

Alergi Susu Sapi dan Pilihan Susu
16 Aug 2016, 10:14 WIB
Pria, 5 tahun.

Dok..anak saya waktu lahir mnm susu morinaga yg sapi alergi di wajah sekitar mata sampai bengkak merah...diganti nutribaby yg allerpre dan dikasih intrizin sembuh total..lalu setelah itu saya fulll asi..ini sekarang saya campur 1 hri 8 btl asi,2 btl formula dan setiap habis mnm formula langsung perut bunyi kruk2 seperti org diare tetapi tidk diare..pup bagus..tp anak jadi agak rewel..lalu saya kasih lacto b 1 hari 1 sachet bagi 3(anjuran dsa) dan enak an..tp kalau mnm formula perut bunyi lagi..saya kasih lacto b langsung hilang...pertanyaannya itu alergi susunya atau kenapa ya dok?harus ganti yang extended hidrolis susu atau saya mau coba encerin dulu susunya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Alergi susu sapi merupakan reaksi sistem pertahanan tubuh terhadap faktor (fraksi protein) yang terkandung dalam susu. Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) dan sebagian lainnya gejalanya baru muncul setelah beberapa waktu (reaksi lambat).

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

  1. Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),

  2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan

  3. Saluran pernapasan (4-25%).

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

  • - Sakit perut

  • - Mual

  • - Muntah

  • - Sesak napas atau mengi

  • - Ruam, bengkak, gatal pada kulit

  • - Diare

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya).

Adapun kondisi bunyi 'kruk2' pada perut anak pasca meminum susu formula tersebut masih diragukan apakah sebagai gejala alergi susu sapi atau tidak, sebab tidak ada masalah dengan buang air besar anak Anda. Apakah perut anak tampak kembung? apakah terdapat muntah? adakah ruam kemerahan di sekitar anus anak? Bila tidak ada, kecil kemungkinan hal tersebut terjadi karena alergi susu, namun pemeriksaan secara langsung tentunya lebih dapat mengemukakan penyebab yang paling tepat. Sayangnya Anda tidak menyebutkan usia bayi Anda saat ini. Saran kami adalah bila masih dihasilkan ASI, sebaiknya menggunakan ASI secara full sebab ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir. Bila masalahnya produksi ASI sedikit, maka dengan semakin sering menyusui maka produksinya akan bertambah dan aliran ASI akan semakin banyak. Sedangkan bila masalahnya adalah ibu bekerja, maka Anda dapat melakukan pemompaan ASI dan menyimpannya di botol, untuk sewaktu-waktu diminumkan ke bayi saat ibu tidak berada di dekat bayi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar