Sukses

Terapi Kusta

05 Aug 2016, 20:24 WIB
Wanita, 39 tahun.

saya mau tanya saudara saya penderita penyakit kusta basah dan sudah 7 bulan minum obat..yang saya tanya apakah penyakit kusta bisa sembuh dengan cara terapi psikologi? kebetulan ada orang yang mengunjunginya dan menyarankan untuk mengikuti terapi mereka tanpa minum obat kusta..kami jadi ragu ..mohon penjelasan dari dokter...makasi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kusta atau lepra adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium leprae (M. leprae). Penyakit ini pada umumnya menyerang kulit dan saraf perifer, atau daerah mata beserta dengan jaringan tipis yang berada di dalam hidung. Masa inkubasi penyakit Lepra berlangsung antara 3 hingga 5 tahun, terhitung dari awal bakteri masuk ke dalam tubuh hingga munculnya gejala. Pada beberapa penderita, gejala tidak akan muncul hingga 20 tahun kemudian. Masa inkubasi yang cukup panjang inilah yang terkadang membuat kalangan medis merasa kesulitan untuk menegakkan diagnosa.

Gejala utama dari lepra adalah bercak atau tonjolan pada kulit yang disertai dengan mati rasa atau kelemahan otot dan tidak mereda dalam beberapa minggu hingga bulan. Berdasarkan derajat keparahan dari gejala yang timbul, lepra dibagi menjadi beberapa tipe sebagai berikut:

  • Tuberculoid

Lepra tipe ringan yang ditandai dengan beberapa bercak berwarna pucat (paucibalciler). Kulit yang terkena biasanya mati rasa karena adanya gangguan saraf. Lepra jenis ini tidak terlalu menular apabila dibandingkan dengan jenis yang lain.

  • Lepromatous

Jenis lepra dengan derajat keparahan lebih tinggi. Lesi kulit lebih menyebar (multibaciler) dan begitu pula gejala kelemahan pada otot. Hidung, ginjal dan organ reproduksi pria juga dapat terkena. Bengkak kaki yang Anda alami dapat merupakan salah satu dampak dari penyakit kusta karena kerusakan saraf di daerah tersebut. Lepra jenis ini merupakan jenis yang paling mudah menular. 

  • Borderline

Apabila penderita memiliki gejala dari kedua jenis lepra, tuberculoid dan lepromatous.

Pemeriksaan dilakukan dengan melakukan tes sensitifitas, tes pengeluaran keringat, pengambilan kerokan kulit hingga biopsi. Pada lepra tipe pausibasiler, biasanya tidak ada bakteri yang ditemukan, namun pada penderita lepra tipa multibasiler akan banyak sekali bakteri yang ditemukan.

Kusta dapat disembuhkan dengan obat yang disebut MDT (Multi Drug Therapy). Untuk tipe paucibaciler (PB) perlu waktu 6 bulan, sedangkan tipe multibaciler (MB) lebih lama yaitu sekitar 1 tahun. Penderita kusta yang diobati dini sebelum timbulnya cacat, akan sembuh sempurna. Penderita dinyatakan sembuh apabila sudah tidak ditemukan bakteri penyebab penyakit pada tubuh.

Selain itu edukasi juga diperlukan, misalkan edukasi agar penyandang Kusta menjaga kelembaban kulit sehingga tidak mudah terluka, dan menggunakan alas kaki kemanapun untuk mencegah luka pada kaki.

Kami sarankan Anda untuk tetap kontrol ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, karena evaluasi dan kedisplinan Anda dalam mengkonsumsi obat sangat berperan dalam proses penyembuhan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar