Sukses

Hasil Test Pack Samar, Apakah Hamil?
04 Aug 2016, 13:39 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok..kemaren saya tes kehamilan dgn menggunakan tes pack..muncul 2 garis..tp garis kedua samar. Apakah saya hamil??. Kalau memang hamil saya minum susu prenagen yang mana dok??

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Pemeriksaan test pack dapat membantu dalam diagnosis kehamilan, namun bukanlah tanda pasti kehamilan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan dua garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. Kemungkinan hamil pada kondisi Anda sangat mungkin. 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (samar atau belum terdeteksi), Anda dapat mencoba testpack ulang 1-2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Jika hasil test pack positif, lakukan pemeriksaan USG 2 minggu kemudian.

Bila memang hasil positif Anda dapat mengonsumsi susu ibu hamil bila Anda menginginkannya. Pemberian suplemen seperti vitamin dan susu ibu hamil adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan ibu dan perkembangan janin. Pada prinsipnya adalah Anda perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Cara terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Susu untuk ibu hamil biasanya sudah disesuaikan kandungan nutrisinya untuk wanita hamil. Kandungan yang terdapat di dalamnya diperkaya berbagai mineral untuk perkembangan janin. Mineral-mineral tersebut tidak terlalu dibutuhkan dalam jumlah banyak pada wanita yang tidak hamil.

Bila Anda ingin mengonsumsi susu hamil yang terpenting adalah yang mengandung asam folat karena dapat mencegah kerusakan tabung saraf bayi yang dapat menyebabkan cacat janin. Selain itu susu juga perlu mengandung zat besi yang penting untuk pembetukan sel darah merah serta kalsium untuk pertumbuhan tulang.

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk memastikan apakah Anda dalam keadaan hamil atau tidak. Hingga terbukti sebaliknya (tidak hamil), maka sebaiknya Anda memperlakukan diri Anda seperti sedianya Ibu yang sudah hamil. Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, kebutuhan nutrisi dan juga istirahat yang cukup. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap dalam menyambut kehamilan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar