Sukses

Insulin dan Kadar Gula Darah

06 Aug 2016, 11:14 WIB
Pria, 51 tahun.

selamat sore, malam saya makan dan paginya saya cek gula darah saya 130 - 140, kemudian malam hari berikutnya saya puasa (terakhir makan siang hari), tetapi pagi harinya saya cek gula darah saya disekitar 130 juga, apakah makan malam (puasa) tidak berpengaruh dalam kadar gula darah saya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kontrol gula darah dipengaruhi oleh hormon insulin. Hormon insulin ini bertanggung jawab untuk menurunkan dan menormalkan kadar gula darah.

Terdapat 2 macam insulin yaitu insulin basal (yang mempertahankan kadar gula darah saat puasa) dan insulin postprandial (yang dipengaruhi oleh makanan).

Ada 2 fase pengeluaran insulin, yaitu:

  1. Fase 1 - postprandial. Pengeluaran insulin pada fase ini dipengaruhi oleh makanan. Kurang lebih 2 menit dari waktu mulai makan, insulin dikeluarkan dalam waktu cepat dan besar untuk menurunkan kadar gula darah dari makanan yang meningkat dengan cepat juga. Proses ini berlangsung hingga 10-15 menit. Tes untuk fase ini dikenal dengan tes glukosa/gula darah 2 jam postprandial. Normalnya berada di angka <140 mg/dL dengan pengambilan darah di pembuluh vena (lipat siku).
  2. Fase 2 - insulin basal. Fase 1 segera diikuti oleh pengeluaran insulin fase 2. Pengeluaran insulin pada fase ini dipertahankan hingga kadar gula darah mencapai rentang normal. Bila seseorang berpuasa 8-12 jam, kadar gula darah puasa normalnya akan berada di angka <126 mg/dL dengan pengambilan darah di pembuluh vena (lipat siku). 

Terkait pertanyaan Anda, apakah makan malam (puasa) tidak berpengaruh dalam kadar gula darah Anda, jawabannya ya. Sebab apabila puasa dilakukan lebih dari 12 jam, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang efeknya meningkatkan kadar gula darah. Tujuannya agar kadar gula darah tidak menjadi terlalu rendah. Bila kadar gula terlalu rendah, akan membahayakan bahkan mengancam nyawa.

Untuk kadar gula darah puasa 130-140 mg/dL memang sudah melebihi batas normal. Saran kami, sebaiknya Anda periksakan secara menyeluruh baik kadar gula darah puasa, 2 jam setelah makan, dan kadar HbA1c, untuk mengetahui kondisi kontrol gula darah Anda yang sesungguhnya. Dan juga untuk mengetahui apakah ada kemungkinan prediabetes maupun diabetes. Segera konsultasikan dengan dokter Anda terkait hal ini.

?
Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar