Sukses

Prosedur Operasi Bedah Saraf Setelah Benturan Kepala
03 Aug 2016, 12:52 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamu'alaikum wr wb Selamat Sore Dok, Adik lelaki saya (17thn) Menjalani Operasi Bedah Saraf tanggal 28 Juni 2016 akibat benturan keras di kepala sebelah kiri, hingga harus dilakukan operasi selanjutnya (pemasangan cangkang kepala) - 3 bulan kemudian. Tanggal 24 Juli 2016, Tim Dokter yang menangani adik saya (Dokter Bedah Saraf) mengizinkan Untuk Rawat Jalan. Pasca Operasi (setelah Sadar), adik saya mengeluhkan karena sering sakit kepala dan demam tinggi. Tapi Alhamdulillah setelah rawat jalan, kondisi ini tidak lagi dirasakannya hingga saat ini. Pada bagian mata sebelah kiri tidak bisa dibuka secara penuh (terbuka setengah) dan suara juga tidak terlalu keras (ada penurunan volume suara).... Tapi yang saya takutkan adalah Operasi selanjutnya. Adapun pertanyaan saya : 1. Apakah rentan waktu operasi pertama hingga operasi selanjutnya (pemasangan tengkorak kepala yang berlubang) tidak terlalu cepat ? 2. Alhamdulillah untuk Kejiwaan, adik saya dalam keadaan baik-baik saja serta ingatannya pun tidak ada yang terganggu. Tapi, untuk Operasi selanjutnya apakah tidak mempengaruhi kejiwaan dan saraf-saraf pada bagian kepala ?? 3. Setelah pasca Operasi kedua (operasi pemasangan tengkorak kepala yang berlubang) tidak mempengaruhi Saraf kepala untuk beberapa tahun kedepan ?? 4. Apakah mata kiri dan suara adik saya bisa kembali seperti semula ? Terima Kasih.

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e- konsultasi KlikDokter.com

Kami turut prihatin dengan kondisi yang menimpa adik Anda dan sepenuhnya memahami kekhawatiran Anda. Prosedur dan detail pembedahan otak pada kasus seperti yang adik Anda alami sangat bervariasi, tergantung kondisi pasien per pasien. Begitu pula dengan jarak waktu dari operasi yang satu ke operasi berikutnya. Jarak waktu ini bisa saja sangat berdekatan bila kondisi pasien memungkinkan dan operasi memang diperlukan segera. Tentu dokter saraf Anda sudah mempertimbangkan kedua hal tersebut sehingga kemudian menetapkan waktu operasi yang relatif berdekatan.

Apakah operasi selanjutnya apakah tidak mempengaruhi kejiwaan dan saraf-saraf pada bagian kepala? Bagaimana dengan tahun- tahun ke depannya? Pada prinsipnya, setiap tindakan medis, sekecil apapun tindakan tersebut, pasti ada risikonya. Namun dengan ketelitian, kompetensi dokter yang mumpuni dan kemajuan teknologi di bidang bedah saraf, risiko tersebut dapat dihindari semaksimal mungkin. Untuk mendapatkan penjelasan terperinci terkait risiko tindakan yang akan dilakukan, Anda dapat meminta penjelasan langsung ke dokter bedah saraf adik Anda. Seorang dokter akan dengan senang hati berbagi informasi kepada pasien dan keluarganya bila diperlukan.

Kekhawatiran terkait mata dan suara adik Anda pasca tindakan operasi sangat dapat dimaklumi. Untuk mengetahui kemungkinan pemulihan dan upaya- upaya apa dapat ditempuh kami sarankan Anda menanyakan langsung kepada dokter bedah saraf adik Anda. Beliaulah yang paling mengetahui kondisi pasti dan rencana tindakan beserta pemulihan ke depannya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga adik Anda segera pulih dan Anda sekeluarga selalu dalam keadaan sehat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar