Sukses

Penyebab Kelenjar Getah Bening (KGB) Membengkak

01 Aug 2016, 16:22 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum, wr. wb. Selamat sore dokter Saya dini dari Bandung, sebelumnya terimakasih sudah menjawab pertanyaan saya. Saya ingin bertanya lagi, penyebab munculnya penyakit kelenjar getah bening itu apa saja? Apa tidak teraturnya pola makan dan banyak makan-makanan pedas akan mempengaruhi munculnya penyakit kelenjar getah bening? Terimakasih dokter :)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kelenjar getah bening (KGB) merupakan salah satu bagian penting dalam sistem pertahanan tubuh untuk melawan penyakit. KGB menyaring bakteri, virus, dan zat asing lainnya yang terkandung dalam cairan limfe, untuk dihancurkan oleh sel darah putih yang disebut dengan limfosit.

Kelenjar ini dapat ditemukan secara tunggal atau berkelompok. Ukurannya dari sebesar kacang hijau, sehingga sebesar kelereng. KGB yang berkelompok dapat dirasakan di sekitar leher, selangkangan, dan ketiak. Dalam keadaan normal, KGB tidak akan nyeri saat ditekan. Sebagian besar KGB lainnya tidak dapat diraba sebab letaknya di dekat organ-organ dalam.

KGB dapat membengkak akibat cedera/trauma, infeksi maupun tumor yang berkembang di daerah sekitar KGB. Lokasi pembengkakan KGB dapat membantu mengidentifikasi sumber masalahnya. Sebagai contoh:

  • KGB di area sekitar leher, di bawah rahang atau di belakang telinga biasanya membesar ketika terdapat sakit tenggorokan atau flu. Tumor atau infeksi dalam rongga mulut, kepala dan leher juga dapat menyebabkan pembengkakan KGB di area ini.
  • KGB di ketiak dapat membesar akibat cedera atau infeksi pada lengan atau tangan. Penyebaran kanker payudara maupun limfoma juga bisa menyebabkan KGB di area ini membesar.
  • KGB di daerah selangkangan dapat disebabkan oleh cedera atau infeksi pada telapak kaki, tungkai, buah zakar, maupun infeksi kelamin. Juga bisa disebabkan oleh tumor testis, limfoma, dan melanoma (tumor kulit).

Terkait pertanyaan Anda, faktor-faktor makanan tidak ada hubungannya dengan pembengkakan KGB. Bila Anda mengalaminya, segera periksakan ke dokter untuk diketahui penyebabnya dan diobati sesegera mungkin.

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar