Sukses

Rehabilitasi Pasca Cedera Lutut

28 Jul 2016, 13:01 WIB
Pria, 18 tahun.

dok, bagaimana supaya sakit lutut akibat cedera cepat sembuh?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Setelah cedera atau operasi lutut, latihan yang ditujukan untuk menguatkan otot-otot sekitar lutut dapat membantu Anda kembali ke aktivitas sehari-hari. Dengan latihan yang rutin, Anda dapat kembali berolahraga maupun aktivitas lainnya tanpa terganggu.

Rehabilitasi pasca cedera lutut memiliki sasaran sebagai berikut:

  1. Kekuatan otot/strength. Menguatkan otot yang menyokong lutut akan mengurangi tekanan pada sendi-sendi lutut. Otot yang kuat membantu sendi lutut Anda menyerap getaran/goncangan.
  2. Fleksibilitas. Melakukan peregangan/stretching otot-otot yang Anda kuatkan sangat penting untuk mengembalikan cakupan gerakan lutut dan mencegah cedera. Peregangan setelah latihan dapat mengurangi nyeri otot (pegal-pegal) dan menjaga otot Anda tetap fleksibel.
  3. Otot-otot yang menjadi sasaran adalah quadriceps (paha depan), hamstring (paha belakang), abduktor (paha luar), adduktor (paha dalam), gluteus medius dan maksimus (bokong).
  4.  

Sebelum Anda mulai latihan, lakukan hal-hal berikut:

  1. Pemanasan selama 5-10 menit dengan berjalan atau naik sepeda statis. Berjaan tidak akan merusak lutut Anda. Cobalah berjalan secara normal (tumit menapak terlebih dulu).
  2. Peregangan
  3. Latihan yang baik tidak menyebabkan nyeri. Jika nyeri timbul, kompres dengan es batu yang dibungkus handuk selama 15 menit, 3-4x/hari. Setelah itu bungkus dengan perban elastis untuk menyokong lutut. Bila perlu, obat penghilang rasa nyeri dapat diminum.

Latihan di bawah ini akan efektif jika dilakukan secara teratur. Dalam sehari, bisa dilakukan hingga 3-4x. Program latihan ini dilakukan setiap hari selama 4-6 minggu berturut-turut. Setelah benar-benar pulih, latihan ini dapat dilakukan 2-3x/minggu sebagai latihan pemeliharaan agar lutut Anda tetap sehat.

Latihan berikut dilakukan selama 5 detik dan diulang masing-masing 10 kali.

  1. Duduk atau berbaring di permukaan yang datar sambil lutut ditekuk ke arah bokong.
  2. Duduk di lantai dengan kedua kaki lurus. Letakkan gulungan handuk di bawah lutut yang cedera kemudian tekan bagian belakang lutut Anda ke handuk sekeras mungkin. Jaga supaya jari-jari kaki tegak menghadap tubuh.

Saran yang kami paparkan di sini adalah saran umum yang aman untuk Anda lakukan di rumah. Untuk program yang lebih spesifik dan sesuai dengan tujuan Anda, dapat ditanyakan kepada dokter/fisioterapis Anda. Terakhir, jangan kembali berolahraga hingga lutut Anda benar-benar sembuh atau setelah diperbolehkan oleh dokter yang merawat Anda. Jika tidak, dapat terjadi kerusakan yang lebih parah.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar